1.000 Karton Air Minum Wakaf Kembali Mengisi Sejumlah Masjid di Jakarta

Air Minum Wakaf merupakan produk yang tidak diperjual-belikan, namun diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat yang membutuhkan, salah satunya jemaah masjid. Tujuan layanan air minum gratis tersebut untuk membantu para jemaah masjid ataupun musafir.

1.000 Karton Air Minum Wakaf Kembali Mengisi Sejumlah Masjid di Jakarta' photo
Pelepasan keberangkatan armada Air Minum Wakaf. Seribu karton Air Minum Wakaf didistribusikan ke sejumlah masjid di DKI Jakarta. (ACTNews/Desi Furwati)

ACTNews, JAKARTA - Global Wakaf - ACT memberangkatkan lima armada untuk mendistribusikan 1.000 karton Air Minum Wakaf ke lima titik masjid di Jakarta. Pelepasan keberangkatan lima armada ini diselenggarakan di Menara 165, Jakarta Selatan, Jumat (31/1). Pendistribusian bantuan  tersebut merupakan bagian dari rangkaian pendistribusian 10.000 karton Air Minum Wakaf yang telah diselenggarakan sejak Desember 2019.

Armada Air Minum Wakaf dilepas langsung oleh Ahyudin selaku Presiden Global Islamic Philanthropy (GIP). Ia mengatakan, Air Minum Wakaf ini, sesuai namanya, berasal dari wakaf masyarakat melalui Lumbung Air Wakaf.

"Kita harus ingat, bahwa Allah SWT memiliki satu instrumen yang sangat luar biasa agung dan besar, yaitu wakaf. Tentu kita harus mengelaborasi sedemikian rupa makna wakaf. Dengan demikian, sesuatu yang kita yakini besar ini (wakaf) pada akhirnya menyajikan manfaat dan maslahat, benefit yang juga besar," ungkap Ahyudin.

Melalui wakaf produktif, Global Wakaf - ACT berusaha memenuhi kebutuhan dasar manusia, seperti air minum. Hal ini mengingat air yang menjadi kebutuhan dasar kini malah sulit didapat karena komersialisasi.

"Air sudah menjadi komoditas bisnis, yang memerlukan daya beli orang untuk meraihnya. Kondisi ini mendorong kami, Global Wakaf - ACT, untuk menghadirkan layanan air minum gratis (Air Minum Wakaf) yang diproduksi di Lumbung Air Wakaf. Sama halnya ketika sebelumnya kami juga menghadirkan Lumbung Beras Wakaf untuk mendukung layanan beras gratis," kata Ahyudin. Lumbung Air Wakaf adalah bagian dari program Lumbung Pangan Wakaf.


Jemaah Masjid Raya Palapa Baitussalam menikmati Air Minum Wakaf sesudah salat Jumat. (ACTNews/Reza Mardhani)

Air Minum Wakaf merupakan produk yang tidak diperjual-belikan, namun diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat yang membutuhkan, salah satunya jemaah masjid. Tujuan layanan air minum gratis tersebut untuk membantu para jemaah masjid ataupun musafir. Selain itu juga untuk memberi edukasi kepada masyarakat bahwa wakaf sebenarnya bukan hanya dalam bentuk tanah atau bangunan, tetapi juga berbentuk tunai yang bisa diproduktifkan sehingga menghasilkan produk seperti Air Minum Wakaf.

Target pendistribusian Air Minum Wakaf adalah masjid-masjid. Ahyudin mengatakan hingga Ramadan nanti, Global Wakaf-ACT akan mendistribusikan Air Minum Wakaf ke 1.000 masjid. Mohammad Jakfar dari Tim Global Wakaf-ACT menjelaskan, hingga saat ini Air Minum Wakaf sudah terdistribusi ke 50 masjid. "Kalau bersamaan dengan 5 masjid yang kita sasar hari ini (Jumat), berarti kita sudah mendistribusikan Air Minum Wakaf ke 50 masjid. Total semenjak peluncuran hingga hari juga, ada 5.000 karton yang sudah kita distribusikan," terang Jakfar.

Pekan depan, Global Wakaf - ACT juga berencana mendistribusikan kembali 5.000 karton Air Minum Wakaf. Nantinya, pendistribusian Air Wakaf akan terus berlanjut untuk menyebarkan manfaat ke masjid-masjid maupun warga prasejahtera.

"Target kita untuk saat ini adalah masjid-masjid di Jabodetabek. Mudah-mudahan dengan hadirnya Air Minum Wakaf dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama para jemaah yang hendak melakukan aktivitas di dalam masjid," harap Jakfar. []


Bagikan