100 Dermawan di Lampung Kirim Bantuan Beras ke Jambi

Meskipun saat ini aktivitas warga mulai berangsur pulih, dampak bencana masih dirasakan. Kondisi inilah yang menggerakkan 100 dermawan di Lampung mengirim bantuan beras untuk menopang kebutuhan bahan pokok di Jambi dan Riau.

100 Dermawan di Lampung Kirim Bantuan Beras ke Jambi' photo
Pelepasan truk kemanusiaan membawa bantuan beras untuk warga terdampak kabut asap di Jambi. (ACTNews/Hermawan Wahyu Saputra)

ACTNews, BANDAR LAMPUNG - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung kembali mengirimkan bantuan sembako untuk korban bencana di Sumatra. Setelah beberapa waktu lalu mengirim truk bantuan kemanusiaan untuk warga terdampak banjir Bengkulu, kini bantuan beras dikirimkan pada Jumat (4/10) untuk korban bencana asap di Jambi. Bantuan ini merupakan amanah 100 dermawan di Lampung, yang peduli terhadap saudara-saudara yang terpapar dampak kabut asap.

Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni mengatakan, permasalahan yang ditimbulkan akibat bencana asap langsung dirasakan oleh warga terdampak. Misalnya saja masalah kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan ekonomi. Warga terdampak banyak yang mengidap ISPA dan perekonomian mereka terganggu, sehingga berimbas pada sulitnya pemenuhan kebutuhan pokok.

Meskipun saat ini aktivitas warga mulai berangsur pulih, dampak bencana masih dirasakan. Kondisi inilah yang menggerakkan 100 dermawan di Lampung mengirim bantuan beras untuk menopang kebutuhan bahan pokok di Jambi dan Riau. Sebelumnya, bantuan dikumpulkan dalam waktu dua pekan.

“Kolaborasi dengan ratusan dermawan ini merupakan bukti nyata kepedulian masyarakat Lampung untuk warga terdampak karhutla di Jambi dan Riau,” kata Dian.

Pelepasan truk bantuan beras disaksikan langsung tim ACT Lampung, perwakilan dermawan, perwakilan komunitas Journalist for Humanity (JFH) dan tokoh masyarakat Lampung. Kepedulian dari berbagai elemen masyarakat ini menumbuhkan semangat masyarakat di Riau dan Jambi untuk pulih dari dampak bencana. 

“Semua Kantor Cabang ACT di Sumatra bergotong-royong mengirim bantuan beras kepada saudara-saudara kita yang terdampak. Nantinya bantuan akan dibagikan untuk setiap kepala keluarga. Selain itu, ada juga bantuan makanan siap santap, layanan kesehatan, dan dukungan psikososial untuk mereka,” imbuh Dian. []

Bagikan