14 Jam, Gunung Merapi Luncurkan 36 Kali Awan Panas

Gunung Merapi telah meluncurkan 36 kali awan panas guguran dengan jarak luncur antara 500-3000 m ke arah barat daya atau hulu Kali Krasak dan Boyong, Rabu (27/1/2021) sejak pukul 00.00-14.00 WIB.

Penampakan Gunung Merapi dari Pos Pengamatan Merapi Ngepos, Rabu (27/1/2021), pukul 07.20. (Dok. BPPPTKG)

ACTNews, SLEMAN – Potensi bahaya Gunung Merapi bertambah berupa awan panas dan guguran lava, Rabu (27/1/2021). Hanik Humaida Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi melaporkan, guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya, yaitu meliputi Kali Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih dengan jarak maksimal lima kilometer dari puncak.

“Hujan abu dapat terjadi sebagai akibat dari kejadian awan panas guguran. Untuk itu masyarakat diharapkan mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik seperti dengan menggunakan masker, kacamata, dan menutup sumber air,” ungkap Hanik sebagaimana disampaikan melalui Twitter BPPPTKG.

Gunung Merapi telah meluncurkan 36 kali awan panas guguran dengan jarak luncur antara 500-3000 m ke arah barat daya atau hulu Kali Krasak dan Boyong, sejak pukul 00.00-14.00 WIB. Erupsi tipe Merapi adalah erupsi dengan aktivitas berupa pertumbuhan kubah lava.

Sementara itu, Rabu, relawan Masyarakat Relawan Indonesia-Aksi Cepat Tanggap Yogyakarta meninjau kondisi penyintas pengungsian di Barak Hargobinangun, Posko Pantai Godonglegi, Kemput, Hargobinangun, Sleman.

“Alhamdulillah pemeriksaan kondisi penyintas erupsi Merapi telah dilaksanakan dengan lancar. Masyarakat sempat panik ketika sirine berbunyi dan mereka diungsikan ke barak pengungsian terdekat. Saat ini penyintas sudah terkondisi dengan baik di barak-barak pengungsian,” lapor anggota MRI-ACT DI Yogyakarta Rafi’i, Rabu malam.

Hingga kini, Aksi Cepat Tanggap melalui cabang DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Solo terus mendampingi para pengungsi Merapi. Berbagai program dan layanan kemanusiaan terus dijalankan, seperti penyediaan bahan makanan, pangan siap santap, air bersih, dan layanan kesehatan.[]