15 Ribu Mushaf Alquran Gratis Dukung Pendidikan Santri di Sumbar

ACT bersama Ruang Baik berikhtiar mendukung para penghafal Alquran di Sumatra Barat. Hal ini kemudian diwujudkan dengan pendistribusian 15 ribu mushaf untuk santri se-Sumatra Barat.

Para santri di Sumbar sedang memegang mushaf Alquran yang ACT distribusikan bersama Ruang Baik. (ACTNews/Dana Kurnia)

ACTNews, PADANG – Masih dalam suasana Hari Santri Nasional, Aksi Cepat Tanggap bersama Ruang Baik pada Senin (26/10) melepas keberangkatan armada yang mendistribusikan 15 ribu mushaf Alquran ke berbagai titik di Sumatra Barat. Para penerimanya merupakan santri di berbagai pesantren di Sumatra Barat. Keberangkatan armada bantuan tersebut dilepas oleh ACT, Ruang Baik serta perwakilan Gubernur Sumatra Barat di Aula Kantor Gubernur Sumatra Barat.

Kepala Cabang ACT Sumbar Zeng Welf mengatakan, adanya pendistribusian 15 ribu mushaf Alquran tak lepas dari banyaknya santri di Sumatra Barat. Bahkan, jumlah tersebut belum bisa mengkover seluruh kebutuhan Alquran seluruh santri di Sumbar. “Kami ingin memfasilitasi mushaf Alquran bagi santri untuk mendukung hafalan mereka. Dengan adanya distribusi ini, satu Alquran bisa dibaca oleh tiga santri,” jelasnya.

Sebanyak 15 ribu mushaf Alquran ini dihimpun melalui Ruang Baik. Ruang Baik sendiri merupakan tempat berkumpulnya dermawan yang bersedekah untuk berbagai hal baik. Berkolaborasi dengan ACT, Ruang Baik kemudian mendistribusikan belasan ribu mushaf Alquran tersebut untuk para santri di Sumatra Barat.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ruang Baik Hendra Aditya mengatakan, pendistribusian bantuan 15 ribu mushaf ini merupakan tahap awal. Ke depannya, Hendra berharap aksi serupa akan terulang dengan jumlah mushaf yang lebih banyak agar bisa memenuhi seluruh kebutuhan Alquran santri se-Sumatra Barat.

Semoga upaya-upaya yang kita lakukan ini akan dapat mendorong terciptanya para penghafal Alquran dari Sumatra Barat, khususnya di Kota Padang, sekaligus mendukung program pemerintah dalam bidang keagamaan di Sumatra Barat,” harap Hendra.

Selain 15 ribu mushaf Alquran tersebut, ACT bersama Ruang Baik juga menyerahkan 1,5 ton beras kepada pondok pesantren dan panti asuhan di Kota Padang. Hal ini merupakan bagian dari kebaikan yang dermawan salurkan melalui ACT. Ke depannya, berbagai aksi baik juga akan terlaksana, tak lepas dari peran masyarakat.[]