1784 Jiwa Korban Banjir Bandang Aceh Tenggara, Sangat Membutuhkan Bantuan

1784 Jiwa Korban Banjir Bandang Aceh Tenggara, Sangat Membutuhkan Bantuan

ACTNews, ACEH TENGGARA –  Tiga hari di fase emergensi bencana banjir bandang di Aceh Tenggara, Jumat (14/4), Tim Tanggap Bencana ACT yang terdiri dari para relawan dari MRI Aceh dan MRI Sumatera Utara bersama elemen lainnya terus berjibaku membantu korban.

Tim melakukan bersih-bersih rumah warga, fasilitas publik, serta tempat ibadah. Diantaranya membersihkan masjid Istiqomah di Desa Suka Makmur, Kecamatan Semadam, salah satu desa yang terpapar banjir bandang. 

Menurut Rizki Johansyah, Tim Tanggap Bencana dari MRI Aceh, Timnya selain melakukan aksi bersih-bersih juga mendistribusikan bantuan natura untuk korban banjir bandang dan berkoordinasi dengan pihak terkait BPBD Aceh Tenggara, BPNB, TNI, POLRI, Pemerintah Daerah dan elemen terkait lainnya.

“Kami di hari ini sudah  berkoordinasi dengan pihak Kodam Iskandar Muda / Kodim 0108 Aceh Tenggara, untuk mendirikan Pos Kesehatan,” terangnya saat ditemui Tim ACTNews, Jumat malam (14/4). Rizki menambahkan rencananya Sabtu (15/4) hari ini,  Timnya akan mencoba untuk bersinergi dengan pihak Kementerian Sosial, yang rencananya hari ini,  Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa akan berkunjung ke lokasi bencana.  

Seperti diberitakan sebelumnya banjir bandang terjadi pada Selasa sore (11/4), menjelang maghrib, menerjang  12 Desa di 3 Kecamatan, di Kabupaten Aceh Tenggara, memporak-porandakan 420 rumah. Menewaskan 2 orang warga Desa Lawe Tua Gabungan yang hanyut terhempas banjir bandang. Menurut data dari BPBD Aceh Tengggara, sekitar 1784 jiwa terdampak bencana ini dan 1476 jiwa terpaksa harus mengungsi.    

Desa terdampak banjir bandang meliputi Desa Lawe Sigala Barat, Batu Dua Ratus, Kayu Mbelin, Lawe Tua, Lawe Kesumpat, Lawe Rakat, Lawe Tua Persatuan, Lawe Tua Gabungan, dan Lawe Sigala Timur di Kecamatan Lawe Sigala-Gala.

Lalu di Kecamatan Semadam banjir bandang menerjang Desa Lawe Beringin Gayo, dan Desa Lawe Suka Makmur. Sementara itu banjir bandang yang sama juga menggulung Desa Lawe Loning di Kecamatan Babul Makmur. Selain merusak rumah warga, banjir bandang Aceh Tenggara ini juga membuat lumpuh 1 Masjid, 1 Kantor Desa dan 1 Gereja.

Menurut Syukur Ricky Roy, Tim Tanggap Bencana ACT dari MRI Sumatera Utara saat ini warga korban banjir bandang sangat membutuhkan bantuan natura diantaranya: bantuan logistik pangan, makanan siap santap, air mineral, selimut, tikar, baju layak pakai, personal hygiene, dan kebutuhan lainnya.[]   

 

---------------------------------

Salurkan bantuan natura anda untuk korban banjir bandang di Aceh Tenggara, melalui Posko Bencana Banjir Bandang ACT di:

Jl. Medan - Kutacane, Desa Perjuang Lawe 2 Gabungan, Kecamatan Bukit Tusam, Kabupaten Aceh Tenggara.

 

Atau anda bisa  mendonasikan dananya untuk korban banjir bandang Aceh Tenggara, melalui:

BNI Syariah 66 0000 6008

BSM 7089786023

MANDIRI 127 000 7721 218

a.n. Aksi Cepat Tanggap:

 

Careline 0651 731 5352

SMS/WA 0852 1000 1226

 

 

 

 

Tag

Belum ada tag sama sekali