36 Rumah Rusak Diterpa Angin Kencang di Banyuwangi

Rata-rata kerusakan terjadi pada bagian atap. Angin kencang menyebabkan genteng rumah berserakan.

Angin Kencang
Sejumlah warga Dusun Sumberejo, Desa Wringin Agung, Banyuwangi tengah membersihkan puing-puing bekas diterpa angin kencang. (BNPB)

ACTNews, BANYUWANGI — Angin kencang yang terjadi di Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menyebabkan 36 rumah rusak. Selain terkena angin kencang, atap rumah juga rusak tertimpa pohon tumbang.

Rumah tersebut rata-rata mengalami kerusakan pada bagian atap. Angin menyebabkan genteng rumah warga berserakan. Satu orang korban  tertimpa material bangunan. Korban yang merupakan warga Dusun Sumberejo, Desa Wringin Agung mengalami luka cukup parah di kepala.

Sementara, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengimbau kepada pemerintah daerah, khususnya BPBD, agar waspada dan terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti angin kencang maupun angin puting beliung. Kondisi ini dapat terjadi atau menyertai saat hujan berlangsung.

“Mengantisipasi bahaya dan dampak hidrometeorologi, BPBD diminta untuk meningkatkan kesadaran dan edukasi kesiapsiagaan masyarakat,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima ACTNews.

Angin juga menyebabkan banyak pohon tumbang. Bahkan ranting-ranting pohon juga berserakan di permukiman.

“Dalam satu minggu terakhir ini cuaca tidak menentu. Hujan datang di pagi hari, sore hari dan kadang di malam hari atau sekitar pukul 03.00 WIB,” kata Babinsa Wringinagung Serda Lukman, Minggu (19/9/2021).[]