40 Ribu Liter Air Bersih Redam Kekeringan di Pandeglang

Sebanyak 40 ribu liter air bersih diberikan ke ribuan warga terdampak kekeringan di Kabupaten Pandeglang.

40 Ribu Liter Air Bersih Redam Kekeringan di Pandeglang' photo

ACTNews, PANDEGLANG - ACT dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banten mendistribusikan air bersih ke tiga desa di Kecamatan Picung dan Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang. Pendistribusian 40.000 liter air bersih ini dilakukan selama tiga hari berturut-turut, dimulai dari hari Jumat (26/7) hingga Ahad (28/7). Desa-desa yang dijangkau antara lain  Desa Pasir Sedang dan Desa Pasir Panjang di Kecamatan Picung serta Desa Kubang Kampil 11 di Kecamatan Sukaresmi.

Sukmajaya dari Tim Program ACT Banten mengatakan, puluhan ribu liter air yang didistribusikan merupakan respons awal ACT Banten dalam mengatasi kekeringan di Pandeglang. “Ini sebagai langkah awal, bahwa ACT benar-benar serius menanggulangi bencana kekeringan yang melanda Banten. Bahkan, kami berencana membangun sumur pengairan di tiga desa yang terdampak kekeringan ini,” terang Sukmajaya.

Warga yang mendapatkan puluhan ribu air bersih itu pun amat bersyukur, salah satunya Ivan selaku Kepala Desa Pasir Panjang. “Selain dari pemerintah, memang baru ACT saja yang mengirimkan air bersih,” ujar Ivan. 

Puluhan ribu liter air bersih yang dibagikan menjangkau 2.061 jiwa di tiga desa tersebut. “Tentu distribusi air bersih ini tidak hanya berhenti di Pandeglang saja, tapi juga semua kabupaten/kota di Banten yang mengalami kekeringan. Kita juga ingin berkolaborasi dengan pemerintah dan seluruh elemen masyarakat untuk mengatasi kekeringan ini,” tambah Sukmajaya. []

Bagikan