Abdullah: Perjuangan Tenaga Kesehatan Merawat Pasien Covid-19 di Rumah Sakit

Salah satu perawat yang bekerja di IGD RSU Tangsel, Abdullah mengaku hampir setiap hari pasien yang masuk IGD jumlahnya melebihi kapasitas. Ia bahkan mengatur pola istirahat sambil menggunakan APD lengkap.

operasi makan gratis
Tenaga Kesehatan RSU Tangsel kerap kelelahan mengalami pasien Covid-19. (ACTNews/Abdurrahman Rabbani)

ACTNews, TANGERANG SELATAN – Salah satu perawat yang bekerja di IGD RSUD Tangerang Selatan, Abdullah, mengaku kerap kelelahan karena hampir setiap hari pasien yang masuk IGD jumlahnya melebihi kapasitas. Ia bahkan mengatur pola istirahat sambil menggunakan APD lengkap. Dengan tenaga tak tersisa, tanpa pikir panjang ia terbaring dan duduk di lantai.

Sesekali ia terbangun memastikan pasien dalam kondisi tertangani. Suara monitor pendeteksi pasien kerap membuatnya sigap. Ia pun kembali harus segera memastikan bahwa pasien aman terkendali.

Tidak hanya itu, Abdullah juga merawat pasien dengan menggunakan kursi biasa, saking terbatasnya kursi roda apalagi ruangan yang ada. Mereka yang dirawat mengalami gejala Covid-19. Sehingga membutuhkan alat bantu oksigen selama penanganan.

“Kita selama ini masih bisa melayani, walaupun kadang keterbatasan ruangan. Kurang lebih selama hampir dua bulan ini, lumayan full,” katanya saat ditemui Jumat (30/7/2021). Hari itu ACT mengunjungi RSUD Tangerang Selatan dalam aksi Operasi Makan Gratis bagi nakes.

Abdullah pun mengaku pernah terpapar Covid-19 dan mendapat perawatan selama 10 hari penuh. Namun saat ini ia sudah bisa kembali beraktivitas menjalankan tugas dan tanggung jawab di RSUD Tangerang Selatan.

Sebagai garda terdepan, tenaga kesehatan tentu paling mungkin terpapar Covid-19. Maka dari itu mereka membutuhkan asupan gizi yang seimbang guna menangani pasien. “Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih yang hari ini memberikan paket makanan nasi berupa makan siang. Saya mendoakan kepada sahabat dermawan, para donatur, terimakasih semoga sumbangan ini bermanfaat untuk kami dan masyarakat yang memberikan sumbangan semoga berkah,” ucapnya.[]