ACT Bekasi dan Sekolah Ananda Gelar Edukasi Mitigasi Bencana Kebakaran

Dalam webinar mitigasi bencana tersebut, ACT Kota Bekasi menghadirkan pembicara dari Disaster Management Institute of Indonesia (DMII). Kegiatan diikuti oleh para siswa dan orang tua melalui aplikasi Zoom.

Tim dari DMII sebagai pemateri sedang mempraktekan langkah pertama dalam memadamkan api apabila terjadi kebakaran di rumah.

ACTNews, KOTA BEKASI - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Bekasi berkolaborasi dengan Sekolah Dasar (SD) Ananda menggelar kegiatan Webinar Tanggap Bencana Bersama Keluarga dengan tema ‘Langkah Penting Menyelamatkan Diri dari Kebakaran’, Jumat (29/1/2021). Kegiatan ini untuk mengedukasi siswa dan orang tua siswa di SD Ananda terkait pentingnya mitigasi bencana kebakaran.

“Semoga edukasi ini mampu menjadikan para orang tua dan anak-anak SD Ananda paham mengenai bahaya kebakaran dan apa yang harus dilakukan ketika kebakaran melanda rumah ataupun lokasi di sekitar tempat tinggalnya,” ucap Kepala Cabang ACT Kota Bekasi Rizky Renanda.

Dalam webinar mitigasi bencana tersebut, ACT Kota Bekasi menghadirkan pembicara dari Disaster Management Institute of Indonesia (DMII). Kegiatan diikuti oleh para siswa dan orang tua melalui aplikasi Zoom. Tidak hanya itu, para guru pun tampak antusias mengikuti praktek dari mitigasi bencana kebakaran tersebut  

Sementara itu, Bayu Artadri selaku Kepala Sekolah SD Ananda sangat mengapresiasi kegiatan mitigasi bencana tersebut. Pasalnya, kegiatan ini mampu mengedukasi para orang tua anak-anak dan guru di sekolah, sekaligus menumbuhkan dan mengajak siswa untuk sigap ketika terjadi bencana.

“Dari edukasi ini ternyata banyak juga hal-hal yang baru kita tahu tentang bagaimana dan harus apa ketika kebakaran melanda rumah kita. Materi yang dikemas dan disampaikan juga bisa dimengerti oleh semua anak-anak, guru, dan orang tua,” tutupnya.

Tidak hanya sampai di situ, rencananya kolaborasi antara ACT Kota Bekasi dengan Sekolah Ananda juga akan dilanjutkan dengan penggalangan donasi kemanusiaan untuk membantu para penyintas gempa di Sulawesi Barat. 

“Insyaallah kami akan terus melanjutkan kolaborasi dengan Sekolah Ananda untuk penggalangan donasi yang nantinya ditujukan untuk para membantu penyintas bencana di Sulawesi Barat. Kami mengajak seluruh orang tua murid agar bisa berpartisipasi dengan donasi terbaiknya yang bisa disalurkan melalui sekolah atau melalui laman Indonesia Dermawan,” kata Rizky. []