ACT Bersama Pemkab Malang Distribusikan Air Bersih

Secara merata, Pulau Jawa mengalami musim kemarau di tahun 2019 ini, tak terkecuali Kabupaten Malang di Jawa Timur. Merespons keadaan itu, ACT Malang mengirimkan ribuan liter air bersih bagi warga terdampak kekeringan di Malang.

ACT Bersama Pemkab Malang Distribusikan Air Bersih' photo

ACTNews, MALANG Meluasnya dampak kekeringan yang melanda Indonesia, berdasarkan prakiraan BMKG, sebanyak 64,94% wilayah Indonesia sedang mengalami curah hujan kategori rendah. Kemarau parah terjadi di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa yang hampir seluruh kabupaten mengalami kekeringan, tak terkecuali Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Berupaya mengatasi dampak kekeringan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang memberangkatkan Humanity Water Tank ke wilayah-wilayah terdampak kekeringan di Malang. Keberangkatan Humanity Water Tank dilepas oleh ACT Malang, Pemerintah Kabupaten Malang, Badan Penanggulangan Daerah (BPBD), BMKG, dan sejumlah mitra kemanusiaan. Acara berlangsung di halaman Pendopo Kantor Bupati Malang, Sabtu (31/8).

Kolaborasi sejumlah instansi bersama ACT Malang diharapkan mampu mengatasi kekeringan yang sedang dialami warga. Iriantoro yang mewakili Bupati Malang mengapreasiasi langkah ACT untuk mendistribusikan air bagi warga Malang. Walau terbilang baru di Malang, ACT Malang sudah banyak memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Kami sebagai Pemerintah Kabupaten Malang mengucapkan terima kasih kepada ACT Malang atas segala perhatian dan dukungan kepada masyarakat. Mudah-mudahan dapat mengurangi dampak kekeringan yang sedang melanda,” terangnya.

Kepala BPBD Kabupaten Malang Bambang Istiawan menyampaikan, adanya aksi peduli kekeringan yang dilakukan oleh ACT Malang sangat membantu dalam menanggulangi krisis kekeringan. Menurutnya, bencana kekeringan yang terjadi di Kabupaten Malang saat ini terdata terjadi di 19 desa dari sembilan kecamatan.

“Itu ada di Sumbermanjing Wetan, Kalipare, Bantur, Gedangan, Donomulyo, Pagak, Sumberpuncung dan beberapa kecamatan lainnya,” jelas Bambang.

Sebelumnya, ACT Malang sudah mendistribusikan sebanyak 20 ribu liter air bersih bagi warga terdampak kekeringan di Malang. Puluhan ribu liter air bersih itu diberikan kepada warga yang terdampak kekeringan. Selain di Malang, beberapa waktu lalu, ACT secara serentak juga mengirimkan Humanity Water Tank ke berbagai daerah di Indonesia. []

Bagikan