ACT Bersama Sejumlah Mitra Gelar Iftar Bersama Penyintas Gempa di Tenda Pengungsian Pasaman Barat

Sebanyak 350 Paket berbuka dan sahur lengkap dengan takjil dibagikan di tenda pengungsian Timbo Abu Ateh, Pasaman Barat, pada Jumat (15/4/2022) lalu.

iftar pasaman barat
Helatan iftar gratis yang diselingi dengan murajaah ini dapat terlaksana berkat dukungan dari sejumlah mitra ACT. (ACTNews/Agusriadi)

ACTNews, PASAMAN BARAT – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pasaman Barat menggelar buka puasa bersama bersama penyintas gempa Pasaman Barat di salah satu tenda pengungsian di wilayah Timbo Abu Ateh, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat. Helatan ini berjalan dengan dukungan Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas, komunitas Beyond Run, dan Miracles By IndboundID.

Sebanyak 350 Paket berbuka dan sahur lengkap dengan takjil dibagikan untuk para pengungsi pada Jumat (15/4/2022) lalu. Kegiatan tersebut juga disaksikan oleh para dosen Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas serta karyawan dari Beyond Run dan Miracles By InboundID melalui zoom.

Dengan dibantu oleh pemuda setempat, tim mencari dan membeli langsung penganan yang dijual oleh UMKM sekitar lokasi. “Hal ini bertujuan agar kegiatan tersebut tidak mematikan usaha masyarakat dan sebagai bentuk dukungan kepada pedagang agar segera bangkit dari keterpurukan pascagempa,” jelas Ahmad Diar sebagai Kepala Cabang ACT Pasaman Barat.


Kegiatan buka bersama juga diselingi dengan murajaah hafalan ayat pendek bersama anak-anak. Semua rangkaian kegiatan ini disambut riang oleh anak-anak dan masyarakat sekitar.

Tiga bulan sudah pascagempa yang menimpa Sumatera Barat, para penyintas gempa di Timbo Abu Ateh, Pasaman Barat masih bertahan di tenda pengungsian. Lebih dari 400 jiwa masyarakat tersebut menjalani ibadah puasa dengan keadaan seadanya. Diar mengajak masyarakat untuk terus membersamai mereka saat ini.

“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa menyambut berbuka dan sahur dengan bahagia. Sahabat, mari terus perpanjang kebahagiaan untuk masyarakat korban gempa dengan mengirimkan paket Ifthar dan berbuka dengan sedekah terbaik melalui Indonesia Dermawan,” ajaknya. []