ACT dan GATRA Gotong Royong Bantu Umat dalam Sedekah Pangan

GATRA Media Grup turut bergabung dalam Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan. Kolaborasi kebaikan ini menambah titik Lumbung Sedekah Pangan yang membantu warga prasejahtera dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka.

ACT Jakarta Pusat dan GATRA Media Group membuka titik Lumbung Sedekah Pangan di Masjid At- Taibin Senen, Jakarta Pusat. (ACTNews/Gina Mardani)

ACTNews, JAKARTAGerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan yang diinisiasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus meluas ke berbagai penjuru Nusantara. Gerakan tersebut terus menambah jumlah Lumbung Sedekah Pangan di berbagai wilayah, tidak terkecuali di salah satu Induk Posko Unit Masjid At- Taibin Senen, Jakarta Pusat. Induk Posko Unit ini diresmikan oleh Wali Kota Jakarta Pusat, pengurus Masjid At-Taibin Senen, dan salah satu mitra GATRA Media Group. Gerakan yang diharapkan mampu menyelesaikan persoalan pangan di tengah pandemi ini pun melibatkan masyarakat umum sebagai pemenuhan pangan bagi mereka yang membutuhkan.

Aksi Cepat Tanggap menjadi saksi, bahwa di tengah kondisi ekonomi yang sulit sekali pun, masyarakat masih berbondong-bondong bersedekah. Untuk itulah, ACT berikhtiar menjadi wadah yang mampu menampung arus sedekah yang begitu besar. Lumbung Sedekah Pangan pada dasarnya adalah sebuah wadah untuk menampung sedekah para donatur, khususnya bantuan pangan, untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Lokasi Masjid At-Taibin Senen dipilih menjadi posko unit karena strategisnya kawasan tersebut, tidak hanya dekat dengan kawasan penerima manfaat namun juga kawasan perkantoran. Selain itu, Masjid At Taibin merupakan salah satu masjid tua dan bersejarah di Jakarta. Ia masuk dalam cagar budaya dan wisata sejarah. Masjid yang dikelilingi gedung perkantoran, menjadi tempat jamaah berhenti sejenak dari aktivitasnya untuk menunaikan ibadah mulai dari para sopir taksi, sopir angkutan umum, karyawan kantor, dan lainnya.

“Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan ini ACT inisiasi agar dapat menggerakkan setiap individu atau kelompok dan tak terbatas usia, agama, hingga suku. Gerakan ini bisa dilakukan oleh semua orang karena pandemi Covid-19 berdampak pada ekonomi nyaris ke semua golongan. Masjid adalah simbol umat, maka dari masjid kita memulai gerakan untuk umat” jelas Rimanda Putra selaku Kepala Cabang ACT Jakarta Pusat, Selasa (25/8).

Harapan yang besar pun disampaikan oleh Vinca Soemantri salah satu Group Head dari GATRA Media Group yang hadir dalam peresmian Induk Posko Unit tersebut.  Ia berharap semangat kedermawanan pun turut hadir bagi para pembaca GATRA Media Group.

“Kerja sama kita dengan ACT sudah berlangsung di beberapa program sebelumnya. Kami sangat senang dapat menjadi bagian dari Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan dan dapat hadir dalam peresmian ini. Kami berharap gerakan bersama-sama ini dapat memudahkan para donatur untuk memberikan bantuannya dan bagi penerima manfaat dapat langsung mengambil kebutuhannya di masjid ini,” terangnya.

Ia juga menambahkan bahwa hubungan kerja sama baik ACT dan kepada mitra-mitra yang terlibat dapat terus berjalan. “Semoga hubungan kerja sama ini dapat terus berjalan sebagaimana mestinya, baik di program ini maupun program lainnya. Kami senang dapat hadir menjadi bagian dari gerakan kebaikan di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan,” ujar Vinca.

Berdasarkan katadata.com jumlah penduduk miskin di tanah air meningkat menjadi 26,4 juta jiwa atau 9,78%. Angka ini meningkat 1,63 juta jiwa dibandingkan pada September 2019. Badan Pusat Statistik (BPS) juga menyebutkan, kenaikan angka kemiskinan dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 yang memukul perekonomi Indonesia. Dampaknya dirasakan oleh 12,2 juta penduduk hampir miskin yang bekerja di sektor informal. Kelompok ini merupakan yang rentan terhadap kemiskinan dan terdampak Covid-19.