ACT dan IR USA Salurkan Kepedulian untuk Korban Banjir

Sejumlah bantuan diberikan kepada korban banjir Jabodetabek, Bandung, dan Karawang pada pertengahan Februari lalu. Bantuan yang menyapa mereka ini adalah buah dari kolaborasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Indonesia Relief (IR) USA.

Anak-anak korban terdampak banjir menerima bantuan perlengkapan sekolah dari ACT dan IR USA. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA - ACT bersama Indonesia Relief – USA (IR USA), pada pertengahan Februari lalu beberapa kali menyapa para korban terdampak banjir di Indonesia dengan berbagai program kemanusiaan. Bantuan alat-alat sekolah, paket pangan, hingga bantuan perlengkapan penyelamatan diberikan untuk warga di Bogor, Bandung Barat, dan Karawang.

“Pertengahan Februari kemarin kami berkolaborasi dengan IR USA. Alhamdulillah kami distribusikan beberapa bantuan untuk para korban terdampak, termasuk pengungsi. Misalnya saja bantuan paket pangan untuk korban banjir yang sedang berada di pengungsian di Bogor. Kemudian ada bantuan perlengkapan sekolah untuk anak-anak di Bandung, dan penggunaan alat-alat rescue saat banjir di Karawang,” Khoirunnisak dari Tim Global Philantropy Network (GPN) – ACT pada Kamis (5/3).

Di Kabupaten Bogor, paket pangan diberikan kepada 125 keluarga pengungsi di Posko Pengungsian Kampung Tangseng Atas, Desa Sukaraksa, Kecamatan Cigudeg pada Ahad (16/2) lalu. Kemudian paket pendidikan juga diberikan kepada anak-anak di Desa Cipeundeuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung BaratTas sekolah, buku beserta alat tulis, seragam, dan sepatu menjadi hadiah awal tahun bagi anak-anak yang bersekolah di desa itu. Desa Cipeunduy pada awal tahun ini juga merupakan daerah yang terdampak oleh banjir.


“Pendistribusian paket perlengkapan sekolah berjalan dengan lancar. Para siswa sangat senang bisa mendapatkan paket perlengkapan sekolah baru. Ada 131 paket yang kita distribusikan pada hari Jumat (21/2) itu, dan murid-muridnya beragam. Mulai dari SD hingga SMA,” jelas Nisak.

Mengingat hujan deras juga masih sering mengguyur, IR USA dan ACT juga menyediakan peralatan evakuasi. Peralatan tersebut yang akhirnya terpakai mengevakuasi ratusan jiwa saat banjir terjadi pada 23 dan 25 Februari kemarin di Kampung Kesepatan, Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara,  Karawang, serta Bekasi.


Tim Disaster and Emergency Response (DER) - ACT sedang melakukan evakuasi dengan alat-alat dari kolaborasi dengan IR USA. (ACTNews)

“Kami mendistribusikan satu set peralatan rescue yang terdiri dari perahu karet, karet, dayung, helm, sepatu air, tali lempar, dan pelampung. Perlengkapan rescue alhamdulillah bermanfaat dengan baik pascahujan yang terus menerus mengguyur kota Jabodetabek serta Karawang, dan mengakibatkan banjir,” kata Nisak.

Nisak berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut ke depannya, mengingat kolaborasi yang mereka lakukan dapat membawa manfaat yang besar dari masyarakat. Ia juga berharap, dalam kolaborasi ke depan, manfaat ini dapat semakin meluas.

“Harapannya, kolaborasi ini ke depannya dapat terus berlanjut, melihat kolaborasi yang kami lakukan saat ini juga sangat membawa manfaat untuk masyarakat dan mendapat sambutan positif juga. Tentu harapan kami ke depannya kolaborasi yang terjalin dapat membawa maslahat yang lebih besar lagi di masyarakat,” harap Nisak. []