ACT dan Jayaboard Restorasi Gedung Sekolah Permanen di Lombok

ACT dan Jayaboard Restorasi Gedung Sekolah Permanen di Lombok

ACTNews, LOMBOK UTARA - Peristiwa gempa 6,4 SR dan 7,0 SR yang mengguncang Lombok pada Agustus 2018 silam telah menghancurkan begitu banyak infrastruktur, salah satunya Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Merespons itu pada fase pemulihan, PT Petrojaya Boral Plasterboard (Jayaboard) menggandeng Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk merestorasi gedung sekolah permanen SDN 04 Sambik Bangkol.  

HR Director Jayaboard Indra Budiman mengatakan, program CSR restorasi bangunan sekolah itu sejalan dengan visi perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Menurutnya, kondisi gedung SDN 04 Sambik Bangkol pascagempa sangat mengkhawatirkan, sebab 35% runtuh dan sisanya tidak aman bagi siswa untuk kegiatan belajar-mengajar.

“Pembangunan gedung sekolah secara permanen ini merupakan bentuk nyata kepedulian kami di tahap pemulihan pasca bencana agar proses belajar mengajar di Lombok, khususnya SDN 04 Sambik Bangkol semakin pulih, “ ujarnya usai melakukan seremoni peletakan batu pertama di Lombok Utara, Jumat (29/3).

Indra menambahkan, selain membangun kembali fisik sekolah bagi anak-anak lombok, Jayaboard juga membangun kembali harapan dan cita-cita generasi penerus bangsa. “Restorasi gedung sekolah ini adalah cara kami menyemangati anak-anak di lombok untuk dapat terus menimba ilmu di sekolah,” kata Indra.

Restorasi gedung sekolah sendiri meliputi seluruh ruang kelas, ruang guru dan toilet. Proses pembangunan sekolah diperkirakan sekitar dua bulan terhitung sejak 18 Maret 2019 dengan target serah terima pada awal Mei 2019 mendatang. Untuk kenyamanan dan keamanan para siswa dan guru, Jayaboard menerapkan sistem konstruksi plafon tahan gempa.

“Sistem itu menggunakan material papan gyptile JayaDura Condado, papan gypsum dengan finishing lapisan vinyl sehingga mudah dibersihkan dan tahan lama. Rangka plafon pada atap gedung menggunakan rangka metal JayaBMS exposed grid yang telah tersertifikasi lulus uji 3x safety factor,” papar Indra.

Sementara Kepala Program ACT NTB M. Romi Saefudin menyebutkan SDN 04 Sambik Bangkol adalah sekolah dengan bangunan permanen pertama yang didirikan oleh ACT di Lombok, khususnya Lombok Utara. Bersama Jayaboard, ACT memberikan kepeduliannya akan pentingnya infrastruktur yang baik bagi kegiatan belajar mengajar.

“Agar siswa yang masih mengalami trauma bisa merasa aman dan nyaman dalam menuntut ilmu. Semoga ini langkah awal agar bangunan sekolah permanen lainnya bisa di didirikan di sekolah-sekolah lainnya yang hancur akibat gempa,” terang Romi. []