ACT dan MRI Banda Aceh Ajak Kolaborasi Peduli Korban Erupsi Semeru

Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banda Aceh melakukan galang donasi untuk korban erupsi Gunung Semeru di simpang 4 Jambo Tape, Banda Aceh pada Senin (6/12/2021).

galang dana semeru
Seorang pengguna jalan menunjukkan kepedulian untuk korban erupsi Gunung Semeru. (ACTNews)

ACTNews, BANDA ACEH – Erupsi Gunung Semeru memakan banyak korban dan menyisakan duka mendalam bagi warga Lumajang. Sebagai wujud solidaritas kemanusiaan dalam mengatasi bencana, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banda Aceh melakukan galang donasi untuk korban erupsi Gunung Semeru pada Senin (6/12/2021). Galang donasi ini dilakukan di simpang 4 Jambo Tape, Banda Aceh.

Masyarakat Aceh yang berkendara melalui area ini, begitu antusias menunjukkan kepedulian. Rupiah demi rupiah terkumpul untuk membantu memenuhi keperluan para korban. Nurul Marhamah selaku Ketua MRI Banda Aceh mengungkapkan bahwa dibutuhkan energi yang lebih besar untuk menghimpun kepedulian masyarakat.

“Kita membutuhkan kolaborasi yang lebih luas agar bisa membantu para korban dengan cepat dalam kondisi yang emergency seperti sekarang ini,” tutur Marhamah. Marhamah mengajak komunitas lainnya untuk turut serta tanggap bencana dan melakukan galang donasi bersama ACT dan MRI Banda Aceh.


Selain aksi di Banda Aceh, MRI juga terus berupaya melakukan evakuasi dan membantu para korban di pengungsian bencana yang terjadi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Diketahui bahwa lebih dari lima ribu jiwa harus mengungsi akibat bencana erupsi Gunung Semeru.

Berdasarkan informasi per Selasa (7/12/2021) siang, bencana ini menyebabkan 22 orang meninggal dunia, dan puluhan masyarakat luka berat, sementara 2.970 rumah rusak. Para warga yang mengungsi sangat membutuhkan bantuan berupa makanan, pengobatan, perlengkapan bayi, dan sebagainya.

“Bantuan untuk korban erupsi Semeru yang kita terima dalam aksi kali ini dalam bentuk uang, agar lebih mudah, cepat, dan tepat untuk memenuhi kebutuhan di sana,” ucap Marhamah. Ia juga menambahkan bahwa bagi komunitas lain yang ingin berkolaborasi dapat mengirimkan pesan langsung melalui Instagram @act_aceh ataupun @mribandaaceh. “Insyaallah, dengan memperluas jejaring kolaborasi, donasi kepedulian masyarakat Aceh bisa terhimpun lebih cepat dan para korban di Lumajang bisa segera terpenuhi kebutuhannya,” tutup Marhamah. []