ACT dan MRI Kirim Bantuan Pangan untuk Satwa Madiun Umbul Square

Pandemi serta pembatasan kegiatan berdampak langsung kepada sektor wisata di Indonesia, termasuk wisata konservasi satwa di Madiun Umbul Square. Karenanya, Aksi Cepat Tanggap (ACT) serta Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Madiun, memberikan bantuan pangan kepada satwa di Madiun Umbul Square pada Jumat (2/7/2021) lalu.

Serah terima bantuan dari ACT dan MRI Madiun kepada salah satu perwakilan dari Madiun Umbul Square. (ACTNews)

ACTNews, MADIUN – Sudah 1,5 tahun pandemi corona hadir membatasi seluruh kegiatan manusia. Berbagai macam sektor terdampak salah satunya adalah tempat wisata. Demikian juga tempat wisata Madiun Umbul Square di Kabupaten Madiun.

Biasanya tempat ini digunakan sebagai salah satu wisata edukasi untuk berbagai kalangan, sebab terdapat kebun binatang. Namun sudah beberapa bulan ini Madiun Umbul Square harus berselang-seling buka dan tutup, untuk mematuhi PPKM dalam mencegah tersebarnya virus corona.

Dampak paling nyata adalah pada para satwa. “Bedanya kita dengan (wisata) yang lain, kalau kami tutup, masih ada para satwa yang harus dirawat dan dijaga,” ungkap Afri Handoko selaku Direktur Umbul Madiun Square pada Jumat (2/7/2021) lalu. Berbagai upaya pun sudah dilakukan dengan galang donasi mandiri, sampai open booth di beberapa tempat sebelum pandemi untuk memenuhi kebutuhan satwa.


Untuk memperkuat usaha tersebut, Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Madiun mengirimkan bantuan pangan untuk para satwa. Bantuan yang diberikan merupakan biaya perbulan untuk pangan dan perawatan para satwa.

“Sama seperti yang lain, Wisata Umbul Madiun Square adalah salah satu wisata lokal yang wajib dijaga bersama. Oleh karena itu kami ingin membantu agar para pengurus dan satwa bisa survive melewati pandemi corona ini. Insyaallah selama 3 bulan, bantuan akan diberikan secara berkala,” ungkap Wahyu Sulistianto Putro selaku Kepala Cabang ACT Madiun. []