ACT dan Traveloka Pulihkan Rumah Dinas Guru Terdampak Gempa

Gempa di Sumatra Barat lalu merusakkan sejumlah fasilitas di Solok Selatan, salah satunya rumah dinas guru SDN 02 Sungai Kunyit. ACT bersama Traveloka membangun kembali rumah dinas tersebut sejak September silam.

ACT dan Traveloka Pulihkan Rumah Dinas Guru Terdampak Gempa' photo
Kondisi rumah yang tinggal menunggu pengecatan. (ACTNews)

ACTNews, SOLOK SELATAN - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatra Barat hampir merampungkan bangunan rumah dinas untuk para guru SDN 02 Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan. Sebelumnya, bangunan ini rusak parah akibat gempa sekuat M5,6 yang mengguncang pada Februari lalu. Pembangunan ulang kemudian dilakukan oleh tim pada pertengahan September silam.

“Alhamdulillah, kita sudah finishing loteng pada minggu kemarin dan sekarang tinggal menunggu selesainya proses pengecatan. Setelah itu, rumah dinas guru ini baru dapat ditempati,” kata Aan Saputra selaku Kepala Program ACT Sumatra Barat, Selasa (12/11).

Aan menceritakan, saat gempa baru saja menghancurkan rumah itu, sebanyak 3 kepala keluarga yang tinggal di dalamnya kemudian mengungsi ke rumah orang lain selama satu minggu. Setelah keluar, mereka menyewa kos sendiri sampai sekarang. Namun, permasalahannya letak sekolah tempat mereka mengajar terlalu jauh.

“Kalau dari sekolah, tempat kos mereka itu sekitar 2 kilometer. Letak sekolahnya pun cukup jauh, kalau kita dapat katakan di pedalaman lah. Kita yang dari Kota Padang saja mesti menempuh 12 jam perjalanan untuk sampai ke sana,” ujar Aan.


Kondisi rumah yang dibongkar pada pertengahan September lalu. (ACTNews)

Keluarga guru-guru yang menjadi korban dari gempa, merasa sangat bersyukur dengan hadirnya bantuan ini. Mereka mengucapkan terima kasih kepada para dermawan yang telah membantu pembangunan rumah mereka melalui ACT.

“Mereka senang dengan adanya bantuan ini. Jadi nanti ketika rumahnya sudah rampung, mereka tidak perlu lagi jauh-jauh berjalan kaki ketika mengajar. Proses belajar mengajar jadi lebih efektif juga untuk mereka,” jelas Aan.

Rumah yang dibangun ini adalah hasil kerja sama dengan Traveloka. Tidak hanya membangun rumah warga yang membutuhkan, ACT juga telah melakukan aksi-aksi lainnya semenjak gempa mengguncang di awal tahun lalu.

“Sebelum ini kita sudah melakukan beberapa aksi setelah gempa terjadi. Di antaranya saat itu juga kita turunkan rescue team. Kemudian kita adakan juga pelayanan kesehatan untuk para korban terdampak,” jelas Aan. []

Bagikan