ACT dan Wali Kota Bekasi Ajak Warga Gerakkan Lumbung Sedekah Pangan

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bekasi meluncurkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan di beberapa titik di Kota Bekasi pada Jumat (7/8) lalu. Gerakan yang juga berjalan karena adanya kedermawanan masyarakat ini didukung juga oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Rak pangan yang terdapat di Posko Unit Lumbung Sedekah Pangan Masjid Al Barokah Perumahan Dukuh Zamrud, Bekasi, sedang dilihat oleh salah satu jamaah masjid. (ACTNews/Fhirlian Rizqi)

ACTNews, BEKASI – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bekasi menginisiasi Gerakan Lumbung Sedekah Pangan. Gerakan ini mengajak masyarakat, khususnya warga Bekasi, untuk memberikan sedekah terbaiknya agar bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang membutuhkan dengan mengambil seperlunya.

Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan di Bekasi sendiri untuk saat ini memiliki satu posko wilayah di kantor cabang ACT Bekasi dan enam posko unit di Bekasi. Di posko-posko unit tersebut, masyarakat bisa menempatkan sedekah terbaiknya berupa bahan pangan ataupun makanan siap santap di sebuah rak Lumbung Sedekah Pangan yang telah disediakan oleh ACT Bekasi.

Kepala Cabang ACT Bekasi Ishaq Maulana mengungkapkan, keenam lokasi Lumbung Sedekah Pangan di antaranya adalah Masjid Agung Al Barkah, alun-alun Bekasi, Masjid Subulussalam Perumahan Pondok Cipta Bintara, Masjid Al-Ikhlas Perumahan Bumi Dirgantara Permai Jatiasih, Masjid Al-Barokah Perumahan Dukuh Zamrud Mustikajaya, Masjid Raya Jatimulya, dan Masjid Baitul Ma’mur Perumahan Grand Prima Bintara.

“Aksi ini melibatkan semua elemen masyarakat untuk memberikan sedekah kepada masyarakat prasejahtera di era kenormalan baru ini, yang belum juga mengalami pemulihan ekonomi. Sedekah yang bisa diberikan berupa barang bisa bahan sembako atau uang tunai,” ujar Ishaq pada Jumat (7/8) lalu.


Salah seorang tim dari ACT sedang meletakkan bahan pangan ke rak Lumbung Sedekah Pangan. (ACTNews/Fhirlian Rizqi)

Ishaq menjelaskan, penghimpunan sedekah pangan ini dapat dipelopori mulai dari individu, komunitas, bahkan jemaah masjid hingga korporasi. Masyarakat dapat menginisiasi Lumbung Sedekah Pangan di rumah, masjid, kantor, dan lainnya sebagai medium pengumpulan sedekah pangan. Selanjutnya, masyarakat pun dapat mengambil langsung bantuan pangan yang ada seperlunya.

Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan di Bekasi pun turut didukung oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Ia pun mengajak warga Bekasi untuk jadi penggerak kedermawanan mulai dari lingkungan rumahnya sendiri dengan memberikan sedekah terbaik.

“Saya Wali Kota Bekasi, menyatakan Bekasi siap mendukung Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan. Untuk itu mengajak warga Bekasi turut jadi penggerak kedermawanan dengan sedekah,” ujar Rahmat.


Ishaq melanjutkan, diharapkan gerakan yang hadir di tengah masyarakat ini bisa menjadi suatu stimulus untuk memulihkan ekonomi yang kondisinya tidak menentu sebab dampak pandemi. Ia juga berharap masyarakat dapat bahu-membahu agar dampak positif yang dihasilkan bisa maksimal.

“Perlu ada gerakan masif untuk memperbaiki keadaan. Kebaikan ini harus dilakukan bersama-sama. Melalui Gerakan Nasional Lumbung Pangan, kita berharap seluruh elemen masyarakat terlibat dalam memberikan sedekah pangan terbaiknya. Sahabat yang ingin berkontribusi pun selain dapat memberikan bantuan pangan di rak-rak yang telah disediakan, bisa juga melalui website Indonesia Dermawan,” tambah Ishaq. []