ACT Distribusikan 9 Ton Beras Wakaf ke MUI & PP Muhammadiyah

Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendistribusikan total 9000 kilogram atau sekitar 9 ton Beras Wakaf kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan PP Muhammadiyah sebagai komitmen solidaritas program Operasi Pangan Gratis, Jumat (9/7/2021). Ribuan kemasan Beras Wakaf yang masing-masing memiliki berat 3 kilogram nantinya akan disalurkan kepada masyarakat prasejahtera dan terdampak Covid-19.

Operasi Pangan Gratis
Beras Wakaf yang didistribusikan dalam rangka operasi pangan gratis (ACTNews/Abdurrahman Rabbani)

ACTNews, JAKARTA — Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendistribusikan total 9.000 kilogram Beras Wakaf kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan PP Muhammadiyah Lazismu sebagai bentuk komitmen solidaritas Operasi Pangan Gratis, Jumat (9/7/2021). Ribuan kemasan Beras wakaf yang masing-masing memiliki berat 3 kilogram nantinya akan disalurkan kepada masyarakat prasejahtera dan masyarakat yang terdampak Covid-19.

Pada pukul 14.00 WIB truk pembawa Beras Wakaf ini hadir di kawasan Menteng tepatnya di gedung MUI. Ribuan Beras Wakaf itu disambut oleh para relawan ACT cabang Jakarta Pusat yang sudah menunggu sekitar 20 menit. Di waktu bersamaan, sekitar pukul 14.00, ribuan pak beras gratis juga tiba di kantor PP Muhammadiyah Lazismu.

Beras Wakaf ini didistribusikan dalam rangka Operasi Pangan Gratis. Kemudian melalui MUI & PP Muhammadiyah Lazismu, Beras Wakaf akan disalurkan kepada masyarakat terdampak, seperti karyawan yang terkena PHK, pelaku UMKM dan lain sebagainya.

“Rencana waktu dekat beras wakaf ini akan didistribusikan ke wilayah disekitar DKI Jakarta dalam rangka Operasi Pangan Gratis mendukung program Indonesia darurat solidaritas,” jelas Tim Kemitraan ACT Cabang Jakarta Pusat, Hero Firnando.

Menurutnya Beras Wakaf hadir demi meringankan kebutuhan pokok masyarakat khususnya kebutuhan akan pangan di masa pandemi Covid-19. Saat ini masih banyak orang yang membutuhkan bantuan pangan, dengan begitu keberadaan program Operasi Pangan Gratis dianggap penting untuk masyarakat.

Ribuan Pak Beras Wakaf Juga Tiba di kantor pusat PP Muhammadiyah Lazismu

Direktur Fundraising Lazismu Edi Muktiono mengatakan operasi pangan gratis ini diperuntukkan bagi para dhuafa. Termasuk karyawan yang terkena PHK, kemudian ojek daring (Ojol) dan pelaku UMKM yang memang mereka sangat terdampak dengan pandemi covid-19.

“Kita lakukan operasi pangan gratis berupa beras dari ACT yakni beras Wakaf yang akan kita bagi rata semaksimal mungkin kepada yang membutuhkan,” jelasnya.

Untuk pendistribusian operasi pangan gratis ini, pihaknya berencana akan mulai pada pekan depan. Dimulai dari wilayah sekitaran Jakarta lalu berlanjut ke sejumlah titik yang sulit dijangkau.

“InsyaAllah kita bagikan dalam waktu dekat, pekan depan kita packing kita distribusi ke masyarakat terdampak, biar cepat, biar momennya tidak lewat,” ucapnya.

Beras Wakaf ini merupakan hasil produksi Lumbung Beras Wakaf binaan Global Wakaf-ACT di Jawa Timur. Adapun sawah yang diwakafkan seluas 500 hektar, dan dikelola para petani yang diberi amanah langsung oleh ACT.

Sebelumnya, ACT kembali meluncurkan program Operasi Pangan Gratis pada Kamis (8/7/2021). Dalam program pangan ini, ACT telah menyiapkan 1.000 ton Beras Wakaf, 100.000 karton Air Minum Wakaf yang merupakan produk pengelolaan dana wakaf Global Wakaf-ACT. []