ACT Evakuasi dan Distribusikan Bantuan Pangan untuk Korban Banjir Medan

Evakuasi dan distribusi makanan siap santap menjadi respons darurat yang dilakukan tim Aksi Cepat Tanggap Sumatra Utara kepada korban banjir di Kota Medan.

Tim Disaster Emergency Response Aksi Cepat Tanggap Sumatra Utara membagikan makanan kepada korban banjir di Kelurahan Kesawan. Kecamatan Medan Barat, Jumat (4/12). (ACTNews)

ACTNews, MEDAN Hampir 500 orang menjadi penyintas banjir di kawasan Jalan Palang Merah, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan. Kawasan ini berada di pinggir Sungai Deli, di bawah jembatan Palang Merah. Lokasi ini memang merupakan dataran rendah.

Sakti Wibowo sebagai Koordinator tim evakuasi mengatakan, hanya 10 orang warga saja yang mau dievakuasi. “Selebihnya enggan keluar dari rumah, karena alasan takut basah, dan tidak pandai berenang. Padahal, rumah kos di wilayah ini didominasi oleh rumah yang bertingkat, dan terbuat dari papan. Tentu saja berisiko terbawa arus banjir bandang,” kata Sakti, Jumat (4/12).

Sebanyak delapan relawan ditugaskan sejak pukul 08.00 pagi hingga siang hari. Selain mengevakuasi, tim juga mendistribusikan hingga 400 porsi makanan siap santap.

Sakti mengatakan, Sabtu (5/12) pagi, banjir mulai surut, namun tim tetap menyisir rumah warga untuk meninjau keadaan. ”Saya mengimbau kepada tim tetap siaga, karena cuaca saat ini tidak dapat diprediksi,” kata Sakti.[]