ACT Galang Kepedulian untuk Palestina di Halal Expo Indonesia

Fokus ACT dalam aksinya di HEI adalah untuk menggalang dana bagi Palestina dikarenakan kondisi warganya yang kini masuk dalam masa-masa sulit.

Stan Aksi Cepat Tanggap di Halal Expo Indonesia pada Ahad (8/12) lalu. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, TANGERANG - Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendirikan sebuah stan di perhelatan Halal Expo Indonesia (HEI). Acara tersebut diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang sejak Jumat (6/1) hingga Ahad (8/12) lalu.

ACT mengusung tema Palestine Under Attack untuk aksi mereka di stan hari itu. Dwi Setyo dari Tim Kemitraan ACT mengatakan, memang fokus aksi kepedulian ACT di HEI adalah untuk menggalang dana bagi Palestina. Hal ini karena kondisi masyarakat Palestina masih dalam masa-masa sulit.


“Karena kita tahu, November lalu Palestina baru saja dibombardir kembali oleh militer Israel. Oleh karena itu, pasti banyak sekali bantuan-bantuan yang dibutuhkan oleh saudara-saudara kita di Palestina. Ditambah lagi, Palestina kini sudah memasuki musim dingin,” kata Dwi.

Di stan tersebut juga, ACT berkolaborasi dengan Vanilla Hijab, yang menjual produk-produknya. Hasil dari penjualan produk fesyen hijab ini nanti akan didonasikan seluruhnya untuk warga Palestina.

Selain itu, beberapa relawan ACT juga berkeliling membawa kantung-kantung donasi kepada para pengunjung yang hadir. Keberadaan relawan-relawan ini untuk mempermudah para dermawan untuk menyalurkan bantuannya jika para dermawan tidak sempat datang ke stan ACT.

Relawan ACT tengah menggalang donasi di tengah para dai yang sedang berceramah. (ACTNews/Reza Mardhani)

Seperti Arina salah satunya. Ia semenjak pagi sibuk menjaga stan dagangannya sehingga jarang berkeliling. Ketika salah satu relawan ACT melewatinya, baru ia memberikan donasinya. Arina mengatakan kehadiran ACT sangat mempermudah masyarakat untuk menyalurkan donasi.

“Saya sering mengikuti ACT dan setahu saya ACT itu lebih fokus kepada bencana alam. Kehadiran ACT memudahkan kita kalau ingin berdonasi. Karena kadang-kadang kalau kita ingin berdonasi juga bingung. Sementara kalau berdonasi di ACT lewat bank biasanya juga bisa,” ujar Arina.

Donasi juga dapat dilakukan di stan ACT langsung dan para dermawan mendapatkan cendera mata dari ACT sebagai apresiasi kepada para dermawan yang telah berdonasi. Di samping itu juga, Global Wakaf-ACT menghadirkan Warung Wakaf Mobile untuk mendukung pemberdayaan umat melalui belanja sekaligus wakaf para pengunjung. []