ACT Gandeng MUI, Kuatkan Operasi Pangan Gratis di Kabupaten Tasikmalaya

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Tasikmalaya terus menguatkan Operasi Pangan Gratis, salah satunya melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Kali ini ACT bekerja sama dengan bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tasikmalaya.

operasi pangan gratis
Simbolisme kerja sama berupa serah terima bantuan pangan dari ACT kepada MUI Kabupaten Tasikmalaya. (ACTNews)

ACTNews, TASIKMALAYA – Aksi Cepat Tanggap (ACT) menguatkan aksi Operasi Pangan Gratis melalui sebuah seremoni di wilayah Desa Kutawaringin, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Acara ini dihadiri pula oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tasikmalaya dan aparat desa setempat pada Kamis (5/8/2021) lalu.

Sebelum ini, Operasi Pangan Gratis sendiri telah berjalan sejak pertengahan Juli lalu, yakni awal ditetapkannya PPKM di wilayah Jawa-Bali. Melalui program ini, diharapkan dapat membantu masyarakat prasejahtera terutama yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Program ini mendapatkan tanggapan positif salah satunya dari Neng Madina sebagai Kepala Bidang Kesehatan dan Sosial MUI Kabupaten Tasikmalaya. Menurut Neng, sebenarnya acap kali MUI menggelar bantuan, dan dengan kolaborasi ini dapat lebih memasifkan lagi aksi-aksi yang mereka lakukan.


“Saya perwakilan dari MUI mengucapkan jazakumullah khairan katsir, atas kerja sama program kali ini. Mudah-mudahan bisa mengurangi krisis pangan dan diharapkan kolaborasi ini bukan hanya ketika pandemi, tapi (ke depannya) program-program lain bisa juga dikolaborasikan,” ujar Neng dalam sambutannya.

Sementara itu Koordinator Program ACT Tasikmalaya Diki Zakaria menyatakan, bahwa aksi ini akan terus di ikhtiarkan berkolaborasi dengan berbagai instansi dan komunitas. Terutama sebab informasi terbaru adanya kebijakan PPKM diperpanjang.

“Pekan lalu kami lakukan Operasi Pangan Gratis dengan polisi, TNI dan sekarang dengan MUI. InsyaAllah aksi ini akan terus kami lakukan dan berkolaborasi, supaya mempermudah dan mempercepat sampainya bantuan-bantuan ini kepada masyarakat. Bahkan sekarang masyarakat bisa menelpon kami jika memang sangat urgent Insyaallah, kami datang,” kata Diki. []