ACT Gelar Layanan Kesehatan Untuk Penyintas Banjir di Aceh Utara

Banjir yang merendam Kecamatan Baktiya Barat, Kabupaten Aceh Utara pada awal tahun lalu, masih menyisakan dampak berupa gangguan kesehatan. Aksi Cepat Tanggap (ACT) melaksanakan pelayanan kesehatan kepada warga terdampak untuk menuntaskan persoalan ini.

banjir aceh utara
Pelayanan kesehatan dilakukan sebab masih ada masyarakat yang merasakan dampak kesehatan langsung dari banjir. (ACTNews/Miza)

ACTNews, ACEH UTARA – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lhokseumawe menggelar Layanan Kesehatan Gratis untuk masyarakat untuk warga terdampak banjir Desa Matang Raya Blang Saleh, Kecamatan Baktiya Barat, Kabupaten Aceh Utara. Pelayanan kesehatan ini berjalan pada Rabu (26/1/2022) kemarin.  

“Banjir yang terjadi di Kecamatan Baktiya awal tahun lalu sangat mendampak masyarakat. Akibat banjir, selain mengganggu aktivitas juga mengancam kesehatan warga. ACT bergerak cepat agar masyarakat yang terdampak banjir dapat melakukan pemeriksaan terhadap kondisi yang dialami,” kata Rizal Fahmi dari Tim ACT Lhokseumawe.

Fahmi mengatakan sebagian warga mengalami gatal-gatal dan permasalahan penyakit kulit dampak banjir. Selain dari permasalahan banjir, aksi ini juga melayani permasalahan kesehatan umum yang dialami masyarakat.


Aksi ini juga tidak terlepas dari kedermawanan dari Komunitas IPELMAR Meulaboh, yang ikut menggalang dan pada saat terkumpulkan mereka amanahkan kepada ACT Lhokseumawe. “Berangkat dari melihat kondisi kesehatan warga, ACT bersama berbagai komunitas IPELMAR Meulaboh tergerak mengadakan layanan kesehatan gratis,” jelas Fahmi.

Selain itu, Tim ACT dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan warga terlebih dahulu, yang ikut di bantu oleh Tim Medis ACT. Sambutan hangat pun datang dari warga Desa Matang Raya Blang Saleh. Seperti Ishaq, salah satu tokoh masyarakat setempat yang berterima kasih atas kehadiran ACT-MRI di wilayahnya. Ia begitu senang karena ada pelayanan kesehatan gratis yang diberikan bagi warga terdampak banjir. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, Semoga kebaikan yang telah dilakukan untuk kami, dibalas oleh Allah,” ungkapnya.[]