ACT Gelar Lebih dari 350 Aksi Selama Ramadan di Wilayah Jakarta-Banten

Aksi-aksi kemanusiaan ini menyapa dalam berbagai bentuk program unggulan, mulai dari program pangan Ramadan, hingga bingkisan Idulfitri.

act jakarta banten
Kapal Ramadan menjadi salah satu program yang mengantarkan kebutuhan masyarakat prasejahtera, terutama di wilayah pelosok. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA, BANTEN – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jakarta-Banten tak henti-hentinya menyalurkan amanah para sahabat dermawan kepada para penerima manfaat. Terutama di bulan Ramadan, tim menggelar aksi yang lebih masif lagi aksi untuk menghangatkan momen Ramadan para masyarakat prasejahtera.

Terhitung sebanyak 368 aksi kemanusiaan dilakukan di Jakarta dan Banten, yang melibatkan 396 relawan yang turut serta membantu menyalurkan bantuan. Total hampir 46 ribu penerima manfaat merasakan kepedulian para sahabat dermawan selama Ramadan yang disalurkan lewat ACT.

Bantuan ini didistribusikan pada 13 kota atau kabupaten, yang tersebar di 205 kelurahan di Jakarta dan Banten. ACT Jakarta dan Banten mengandeng 215 mitra kolaborasi dengan lebih dari 7 ribu donatur.


Total ada hampir 46 ribu penerima manfaat yang tersebar di Jakarta-Banten. (ACTNews)

Beberapa program yang di antaranya paket iftar dan sahur, mushaf Al-Qur’an, bantuan perlengkapan ibadah, beras zakat, Air Minum Wakaf, Paket Pangan Ramadhan, pelayanan kesehatan gratis, dan program kemanusiaan lainnya. Aksi-aksi ini pun masih berlanjut hingga Idulfitri. Seperti aksi armada kemanusiaan ACT pada saat salat Idulfitri di Jakarta International Stadium (JIS).

“Salat Idulftri yang diinisiasi Gubernur DKI Jakarta ini, alhamdulillah dihadiri oleh lebih dari 14 ribu jemaah. Kami menurunkan dua tim, masing-masing satu unit Humanity Food Truck dan Humanity Food Bus. Selain itu kami juga mengirimkan Tim Humanity Medical Services (HMS) dengan Ambulance Pre Hospital. Aksi ini khasnya karena momentum, dari segi aksinya sama saja dengan aksi-aksi program berbagi makan dan sebagainya,”ucap Muhammad Basair selaku Head of Regional ACT Jakarta-Banten.


Selain itu ACT Jakarta Banten juga berlayar bersama Kapal Ramadan ke Pulau Tunda yang merupakan pulau terluar di Kabupaten Serang Banten untuk mendistribusikan paket pangan Ramadan, pelayanan kesehatan, serta beras zakat bagi masyarakat di sana.

Bantuan ini disambut dengan baik oleh masyarakat sekitar, seperti Maemunah salah satu warga Pulau Tunda. “Terima kasih atas bantuan paket pangan, terutama pelayanan kesehatan gratis bagi para msayrakat di Pulau Tunda, karena di sini kami kesulitan untuk berobat,” ucapnya. []