ACT Gelar Penyemprotan Probiotik untuk Tekan Penyebaran Covid-19

Aksi penyemprotan probiotik dari ACT terus meluas. Kali ini dilakukan di DI Yogyakarta dengan harapan meredam sebaran virus yang makin hari jumlah kasus positifnya terus bertambah.

ACT Gelar Penyemprotan Probiotik untuk Tekan Penyebaran Covid-19' photo
Tim Relawan MRI-ACT DIY sedang menyemprotkan probiotik ke pengguna jalan di titik nol kilometer Yogyakarta. Ikhtiar ini ditujukan untuk meredam sebaran virus Corona. (ACTNews)

ACTNews, YOGYAKARTA Pandemi Covid-19 belum berakhir di Nusantara. Bahkan dalam beberapa hari terakhir kasus positif terus bertambah. Virus ini pun terus meluas ke berbagai daerah. Secara keseluruhan, hingga awal Oktober ini, di Indonesia jumlah kasusnya telah menyentuh angka ratusan ribu. Pandemi ini pun menjadi hal yang perlu diperhatian oleh seluruh masyarakat.

Menyadari pentingnya pencegahan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) pada Sabtu (3/10) lalu melakukan penyemprotan probiotik sebagai ikhtiar penghentian sebaran virus. Aksi ini dilakukan di titik-titik keramaian, salah satunya di Jalan Jogja-Solo, Area Titik Nol Kilometer Yogyakarta, serta kawasan Malioboro. Pelaksanaan kegiatan ini berkolaborasi dengan petugas keamanan setempat serta Yayasan Rumah Panca Sila.

Koordinator Program ACT DI Yogyakarta Kharis Pradana mengatakan, penyemprotan probiotik menyasar area publik, seperti area wisata Malioboro. Hal ini mengingat wilayah DI Yogyakarta mulai ramai kembali menjadi pusat wisata warga luar kota setelah transportasi umum mulai kembali aktif.

“Aksi ini melibatkan 11 relawan untuk melakukan penyemprotan 5 ribu liter probiotik setiap harinya. Harapannya, ikhtiar ini dapat memutus sebaran virus yang semakin hari jumlah kasusnya terus bertambah,” harap Kharis.

Aksi penyemprotan probiotik di wilayah DI Yogyakarta ini bukanlah yang terakhir. Kharis menambahkan, aksi tersebut akan terus dilakukan dengan menyasar titik-titik keramaian, baik perkumpulan warga serta area ramai dilewati masyarakat. Tugu Jogja, Jalan Kaliurang serta Jalan Magelang akan menjadi titik aksi selanjutnya.

Selain DI Yogyakarta, aksi serupa juga digelar ACT di beberapa kota lain. Di Banten serta Jakarta misalnya. Aksi ini melibatkan belasan relawan dengan harapan mampu meredam sebaran virus yang diproyeksi mampu menyebar lewat udara juga. Ribuan liter probiotik serta relawan pun selalu disiagakan.

Selain penyemrotan probiotik, dalam ikhtiar meredam dampak Covid-19, ACT juga telah melakukan distribusi alat pelindung diri serta kebutuhan pangan bagi petugas medis dan pemakaman. Namun, bantuan yang telah terdistribusi ini belum cukup. Pasalnya, dampak pandemi saat ini semakin besar dan meluas dan membutuhkan keterlibatan banyak pihak. “Bagi masyarakat yang ingin bersedekah untuk membantu sesama dalam penganggulangan dampak pandemi ini, bisa lansung mengakses laman Indonesia Dermawan dari ACT,” ajak Kharis.[]