ACT Hadirkan Sarana Sanitasi dan Air Bersih bagi Penyintas Banjir Flores Timur

Akses air bersih begitu sulit diperoleh para penyintas banjir bandang di Flores Timur. Meredam krisis tersebut, ACT bersama sejumlah mitra melakukan pembangunan sarana air bersih dan MCK untuk para penyintas.

Aksi Cepat Tanggap
Proses pembangunan sarana sanitasi di Desa Waiwerang, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur. (ACTNews)

ACTNews, FLORES TIMUR – Banjir bandang yang melanda Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur pada April lalu, mengakibatkan ribuan rumah warga dan fasilitas umum termasuk sarana sanitasi rusak. Keadaan ini membuat para penyintas banjir kesulitan untuk memperoleh akses sanitasi yang bersih dan layak pakai.

Jaringan PDAM yang rusak juga dialami ratusan warga Desa Waiwerang, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, kesulitan memperoleh akses air bersih. 

Keadaan itu segera direspons Aksi Cepat Tanggap dengan membangun sarana MCK dan air bersih. Synergy Via Online (SVO) dan Wellous Indonesia melalui Aksi Cepat Tanggap tengah membangun sarana sanitasi di wilayah tersebut.

Tim Program Aksi Cepat Tanggap Dede Abdul Rochman menjelaskan, pembangunan sarana sanitasi ini akan dikerjakan dalam waktu 10 hari. Tim memperhitungkan penyelesaian projek secepat mungkin karena kebutuhan masyarakat yang tinggi.

“Hadirnya sarana sanitasi dan air bersih sebagai upaya kami untuk hadir, bukan hanya saat penanganan bencana saja, tetapi hingga pemulihan bencana. Insyaallah ini berkah untuk kita semua dan warga Flores Timur bisa bangkit dari duka bencana banjir ini,” ungkap Dede, Sabtu (24/7/2021).[]