ACT Jatim Perkuat Kapasitas Relawan MRI

Semakin diminatinya gerakan kerelawanan, membuat MRI-ACT Jatim menggelar Volunteer Camp. Kegiatan ini dilangsungkan di Jombang pada pekan ketiga Desember 2019 dan diikuti oleh ratusan relawan.

ACT Jatim Perkuat Kapasitas Relawan MRI' photo
Foto bersama peserta Volunteer Camp Jawa Timur pada pekan ketiga Desember lalu. Ratusan peserta mengikuti kegiatan ini sebagai peningkatan kemampuan relawan. (ACTNews)

ACTNews, JOMBANG – Gerakan kerelawanan saat ini semakin diminati pemuda-pemudi, khususnya generasi milenial. Berbagai aksi di bidang kemanusiaan sering mereka gaungkan. Untuk itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) sebagai salah satu organisasi kerelawan, menggelar Volunteer Camp bagi relawan di wilayah Jawa Timur.

Bertempat di Wonosalam, Jombang, kegiatan ini berlangsung pada Jumat (20/12) hingga Ahad (22/12) lalu. Berbagai materi kerelawanan dan kemanusiaan diberikan ke 148 relawan yang berasal dari berbagai kota di Jatim.

"Lewat Volunteer Camp, relawan diberikan wawasan serta keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi relawan kemanusiaan. Materi tentang penanganan bencana juga diberikan,” jelas Hamid selaku Koordinator Wilayah MRI Jawa Timur.

Kepala Cabang ACT Jatim Wahyu Sulistianto Putro berharap Volunteer Camp akan membentuk relawan-relawan yang tanggung di bidang kemanusiaan dan kebencanaan. "Relawan itu harus tangguh, baik dalam menanggulangi bencana dan juga tanggap terhadap isu-isu kemanusiaan. Relawan akan menjadi panutan di masyarakat dalam berkehidupan bersama masyarakat," ujar Wahyu.

Kegiatan Volunteer Camp merupakan agenda rutin bagi MRI dan ACT di berbagai daerah. Ratusan relawan telah mengikuti kegiatan ini dan mendapatkan berbagai materi terkait isu kemanusiaan serta kebencanaan. Pembentukan karakter relawan juga dilakukan melalui Volunteer Camp ini, termasuk mencetak generasi relawan tangguh yang akan diterjunkan untuk urusan kemanusiaan dan kebencanaan di berbagai wilayah.[]


Bagikan