ACT Jatim Siap Sosialisasikan Mitigasi Covid-19

Mewabahnya Covid-19 di Indonesia membuat kepanikan di masyarakat. Untuk itu, ACT Jatim telah bersiap menggelar sosialisasi untuk mencegah virus corona serta meredam kepanikan masyarakat.

ACT Jatim Siap Sosialisasikan Mitigasi Covid-19' photo
Dokter Riedha dari tim medis ACT memberikan sosialisasi tentang Covid-19 di salah satu hotel di Jakarta. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, SURABAYABadan Kesehatan Dunia atau WHO telah menetapkan virus corona atau Covid-19 sebagai pandemi. Sebaran virus ini telah mencapai lebih dari 100 negara. Jumlah korban yang dinyatakan meninggal terdata 7.165 jiwa sejak virus ini tersebar hingga Selasa (17/3).

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, 114 ribu telah terinfeksi Covid-19 di seluruh dunia. Maka dari itu, ia menyebut, virus ini sebagai ancaman pandemi global. Sementara itu, Indonesia baru menyatakan diri bahwa virus itu masuk dan menjangkiti penduduknya pada awal Maret. Hingga Selasa ini, terdata 134 orang terinfeksi, 8 orang dinyatakan sembuh, sedangkan 5 orang meninggal dunia.

Demi mencegah terus menyebarnya virus ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Timur merespons dengan mengadakan mitigasi penyebaran Covid-19. Aksi ini digelar dengan cara sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk menjaga gaya hidup sehat.

Kepala Cabang ACT Jatim Wahyu Sulistianto Putro menyatakan, kewaspadaan terhadap virus ini harus ditingkatkan. Akan tetapi tak perlu panik agar penanganan virus corona dapat berjalan dengan baik. “Waspada harus, panik jangan. ACT berusaha mengedukasi masyarakat agar waspada terkait virus corona, supaya dapat mengatasinya, ujar Wahyu.

ACT Jawa Timur membuka kesempatan kepada berbagai pihak yg ingin mendapat edukasi terkait antisipasi dan mitigasi virus corona. Edukasi ini nantinya akan diisi oleh tim relawan medis ACT. "ACT Jatim siap mengedukasi masyarakat untuk bersama mengatasi penyebaran virus corona. Sekolah, instansi atau kelompok masyarkat bisa mengunjungi kantor ACT Jatim di Jalan Gayungsari Barat 10 atau menghubungi kami untuk dijadwalkan agenda mitigasi," tambah Wahyu.

Sebelumnya kegiatan mitigasi berupa sosialisasi hingga pembagian cairan pencuci tangan telah dilakukan ACT dan terus berjalan hingga hari ini di berbagai kota. Aksi ini merupakan salah satu yang ACT lakukan demi menjaga kesehatan masyarakat di tengah mewabahnya virus.

Selasa (17/3), ACT Jatim melakukan aksi penyemprotan disinfektan di Masjid Al-Akbar Surabaya. Tak hanya penyemprotan saja, ACT juga menggelar sosialisasi pencegahan Covid-19 ke jemaah dan masyarakat sekitar yang hadir.[]