ACT Maluku Bersama Perum Bulog Bantu Pangan Santri dan Warga Prasejahtera

ACT Maluku berkolaborasi dengan Perum Bulog Kantor Wilayah (Kanwil) Maluku dan Maluku Utara mendistribusikan ratusan kilogram beras dan minyak di Pondok Pesantren Al-Madinah Ambon pada Jumat (6/11) lalu. Pendistribusian yang menyasar santri dan masyarakat prasejahtera di sekitar pondok ini, merupakan salah satu wujud kepedulian kepada masyarakat yang terdampak pandemi.

Serah terima bantuan kepada santri di Poncok Pesantren Al-Madinah Ambon. (ACTNews)

ACTNews, AMBON – Lembaga kemanusian Aksi Cepat Tanggap (ACT) Maluku berbagi pangan gratis kepada para santri dan masyarakat prasejahtera di Kota Ambon. Bantuan pangan itu diberikan langsung kepada pimpinan dan para santri serta tokoh masyarakat sekitar Pondok Pesantren Al-Madinah di Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Sirimau pada Jumat (6/11).

“Dalam berbagi pangan gratis ini, ACT Maluku berkolaborasi dengan Perum Bulog Kantor Wilayah (Kanwil) Maluku dan Maluku Utara,” kata Ketua Cabang ACT Maluku Wahab Loilatu. Pemberian bantuan pangan itu tidak terlepas juga dari pandemi yang kini sedang merebak. Ada ratusan kilogram beras dan ratusan liter minyak yang didistribusikan dalam aksi ini.

Bersamaan dengan itu, Bahtiar selaku Pembina Pondok Pesantren Al-Madinah sangat bersyukur dengan bantuan ini. Hal ini mengingat kebutuhan pangan selama pandemi cukup sulit terpenuhi.


“Di tengah pademi, pemutaran ekonomi menjadi ujian tersendiri di pondok pesantren. Dengan itu kami ucapkan terima kasih kepada ACT dan Perum Bulog telah memberikan pangan gratis kepada anak-anak santri kami di sini,” kata Bahtiar.

Kebermanfaatan itu juga yang diharap Kepala Seksi Keuangan Perum Bulog kanwil Maluku Malut Raihani Latukonsina. Oleh karenanya, mereka memilih berkolaborasi dengan ACT sebagai salah satu lembaga yang sudah sering mengemban amanah ini. “ACT merupakan salah lembaga kemanusian yang amanah. Dengan itu kami mempercayakan ACT Maluku untuk menyalurkan zakat karyawan Perum Bulog Kanwil Maluku dan Maluku utara untuk membantu pangan santri dan kaum duafa,” katanya.

Wahab turut mengajak komunitas atau instansi lainnya untuk ikut berkolaborasi dengan ACT. “Kami berharap dapat meluaskan manfaat di daerah-dareah lainnya di Maluku. Tentu hal tersebut dapat terwujud dengan adanya dukungan dari para dermawan sekalian. Selain melalui kelompok, para dermawan juga dapat menyalurkan kebaikannya melalui laman Indonesia Dermawan atau melalui BNI Syariah di nomor rekening 88 0000 4451,” ajaknya. []