ACT-MRI Sulsel Bantu Korban Banjir Barru

ACT-MRI Sulsel Bantu Korban Banjir Barru

ACTNews, BARRU - Hujan deras sejak Kamis (28/12) malam hingga Jumat (28/12) pagi mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Banjir pun seketika merendam sejumlah pemukiman warga dan fasilitas umum seperti sekolah dan masjid.

Merespons kondisi tersebut, Tim Emergency Response ACT dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sulawesi Selatan bergerak menuju titik banjir, Jumat (28/12) siang. Dari Makassar, tim menempuh jarak 102 km atau dua jam perjalanan dari Makassar.

 

Miswar Arifin selaku Koordinator Tim Emergency Response ACT dan MRI Sulsel mengatakan, tim yang diturunkan sementara berjumlah 16 orang. Mereka di antaranya 2 tenaga medis, 2 personel media, dan 12 personel penyelamat.

“Kami juga membawa sejumlah bantuan awal untuk para korban terdampak. Insya Allah setibanya di sana kami akan koordinasi dengan berbagai pihak, membantu evakuasi, melakukan pelayanan/bantuan medis, menyalurkan bantuan, serta mendirikan posko bantuan kemanusiaan. Ini sebagai langkah untuk membantu para warga yang kini mengungsi di beberapa titik dan belum bisa kembali ke rumah mereka akibat genangan air yang belum surut," jelas Miswar, Jumat (28/12)

 

Hingga pukul 12.00 WITA hujan masih terus mengguyur. Beberapa warga yang mengungsi menempati masjid sekitar yang lebih aman dari banjir. Arus kendaraan yang berada di beberapa titik jalur Poros Kabupaten Barru juga mengalami hambatan karena genangan air yang masih tinggi di daerah tersebut. []