ACT NTB Gelar Pelayanan Medis di Daerah Kekeringan

Pelayanan kesehatan dilakukan sebagai aksi kesinambungan dari aksi distribusi air bersih di Kecamatan Keruak, Lombok Timur.

Relawan medis memeriksa warga yang datang ke pelayanan medis ACT di Kecamatan Keruak, Lombok Timur, Ahad (22/9). (ACTNews/Adi Achmad).

ACTNews, LOMBOK TIMUR – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Nusa Tenggara Barat (NTB) membuka pelayanan medis di Kecamatan Keruak, Lombok Timur, Ahad (22/9).  Pelayanan medis itu digawangi 20 orang tim medis yang terdiri dari enam orang dokter, delapan perawat, 2 fisioterapis, 3 apoteker, dan seorang psikolog.

Koordinator tim medis Khalid menjelaskan, pelayanan medis hari itu dibantu oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Lombok Timur. Ia juga menjelaskan, pelayanan kesehatan itu dilakukan di salah satu wilayah terdampak kekeringan. “Kecamatan Keruak merupakan wilayah implementasi air bersih tim ACT beberapa waktu lalu. Agar aksi ini berkesinambungan, kami juga memberikan pelayanan medis kepada warga yang terdampak kekeringan,” terang Khalid.


Salah satu dokter yang bertuga, Ita, menjelaskan kebanyakan warga yang berobat mengalami darah tinggi, sakit sendi, asam urat, dan migrain. Selain pemeriksaan fisik, relawan medis juga melakukan konseling psikologi, dan fisioterapis. Ada sekitar 150 warga  yang menikmati pelayanan kesehatan ACT. Pasien yang datang didominasi lansia.[]