ACT Purwokerto Bantu Kebutuhan Keluarga Prasejahtera yang Jalani Isolasi Mandiri

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Purwokerto Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banyumas mendistribusikan puluhan paket bantuan untuk warga yang menjalani isolasi mandiri di Desa Karangduren, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, pada Rabu (7/7/2021).

Distribusi bantuan berupa paket pangan, Air Minum Wakaf, Vitamin, dan paket kebersihan untuk keluarga pra-sejahtera di Banyumas yang sedang melakukan isolasi mandiri. (ACTNews/Venatan Pramudio)

ACTNews, BANYUMAS – Pandemi belum jua mereda, bahkan beberapa pekan terakhir semakin mengkhawatirkan. Drastisnya peningkatan pasien COVID-19 di Indonesia memaksa pemerintah mengetuk palu untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat se-Jawa dan Bali mulai 3-20 Juli 2021.

Demikian juga di Kabupaten Banyumas, peningkatan jumlah pasien Covid-19 kian bertambah. Tidak hanya pasien yang di tangani di rumah sakit, banyak juga yang melakukan isolasi mandiri. Tak sedikit juga dari mereka merupakan keluarga prasejahtera. 

Merespons hal tersebut Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Purwokerto bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banyumas, menyalurkan bantuan pada Rabu (7/7/2021). Kali ini penerima manfaatnya adalah para keluarga pra-sejahtera yang sedang melakukan isolasi mandiri, tepatnya di Desa Karangduren, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas.

Tim ACT Purwokerto dan MRI Banyumas menggunakan APD lengkap mendatangi satu persatu rumah-rumah warga yang sedang melakukan isolasi mandiri. Total ada puluhan paket bantuan berupa pangan, Air Minum Wakaf, vitamin, dan paket kebersihan disalurkan untuk keluarga prasejahtera yang ada di Desa Karangduren, Kecamatan Sokaraja.


Tim ACT bersama MRI memberikan bantuan kepada salah satu warga yang sedang isolasi mandiri di Purwokerto. (ACTNews/Venatan Pramudio)

“Harapannya bantuan ini dapat memberikan semangat kepada mereka untuk bisa segera sehat kembali, dan tidak khawatir akan kebutuhan dasar selama menjalani masa isolasi mandiri,” terang Andi Rahmanto sebagai Kepala Cabang ACT Purwokerto.

Dari informasi tim di lapangan, warga sekitar juga membantu masyarakat yang terpaksa isolasi mandiri, seperti memberikan sayuran ataupun lauk. Andi pun mengapresiasi solidaritas warga sekitar. “Bukan seberapa besar atau kecilnya bantuan yang diberikan, namunbetapa pentingnya menjadi kesadaran seluruh elmen masyarakat bahwa pandemi ini harus kita atasi bersama sampai benar-benar pulih,” ujarnya.


Kepala Dusun 1 Desa Karangduren Bakhtiar Setio pun mengucapkan syukurnya dengan hadirnya bantuan ini. “Saya sangat berterima kasih kepada Tim ACT, yang telah memberikan bantuan untuk keluarga prasejahtera di sini yang sedang menjalani isolasi mandiri. Semoga bisa meringankan beban mereka,”ucapnya.

Rencananya aksi ini pun akan terus berlanjut untuk berbagai elemen masyarakat di tengah PPKM Darurat ini. Sebelumnya ACT juga telah menyalurkan bantuan untuk tenaga kesehatan di Rumah Sakit Margono, serta para pedagang kaki lima (PKL) di Purwokerto yang terdampak. []