ACT Resmikan Bantuan Rumah di Malang dan Blitar di Penghujung 2020

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang kembali meresmikan dan menyerahterimakan bantuan rumah kepada beberapa penerima manfaat di Malang Selatan dan Kabupaten Blitar. Bantuan pembangunan rumah ini merupakan implementasi dari program Mobile Social Rescue (MSR).

Serah terima rumah kepada Nenek Jati. (ACTNews/Saiful Anam)

ACTNews, MALANG – Menjelang berakhirnya 2020, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang kembali melakukan peresmian dan serah terima bantuan rumah kepada beberapa penerima manfaat di Malang Selatan dan Kabupaten Blitar. Rumah itu yakni milik Nenek Jati di Desa Argotirto, dan rumah impian Kakek Riyadi di Desa Ringinsari, yang keduanya berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Keduanya merupakan penerima manfaat ACT Malang sejak 2019 dan beberapa kali juga selalu mendapat pendampingan dalam program Operasi Pangan Gratis, khususnya dalam kondisi pandemi. Rumah Nenek Jati telah berdiri semenjak Jumat (18/12) ini, sementara Kakek Riyadi sudah bisa menghuni rumahnya pada Selasa (8/12).

“Pembangunan rumah ini merupakan implementasi dari program Mobile Social Rescue (MSR). Program ini fokus pada pemberian bantuan kemanusiaan kepada saudara yang membutuhkan, baik medis maupun infrastruktur perseorangan dan komunal. Pembangunan rumah ini menghadirkan hunian layak kepada para penerima manfaat yang sangat membutuhkan berdasarkan hasil asesmen tim di lapangan,” ujar Diki Taufik Sidiq selaku Kepala Cabang ACT Malang.


Rumah yang dibangun adalah hunian layak huni meliputi dinding dari tembok, atap dan plafon, tempat salat, sanitasi, 3 kamar tidur, ruang tamu, dan perlengkapan lainnya. Selain membangun rumah layak huni, ACT Malang juga memberikan pendampingan usaha untuk para penerima manfaat agar dapat melanjutkan perekonomian sehari hari. “Kakek Riyadi kami berikan mesin pembuat tusuk sate, Nenek Jati diberikan bibit hewan untuk dipelihara dan diternak,” lanjut Diki.

Rencananya, pada 23 Desember 2020 nanti, ACT Malang juga akan meresmikan rumah impian Nenek Qomariah di Kabupaten Blitar. “Ini adalah aksi kami yang terus mengusahakan lebih banyak orang yang terbantu. Kami juga mengajak para dermawan untuk ikut membantu yang lainnya lewat Indonesia Dermawan atau melalui BNI Syariah di nomor 88 00000 423,” tambah Diki. []