ACT Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Angin Kencang di Gunungkidul

Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Desa Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, mengakibatkan puluhan rumah warga dan sejumlah fasilitas rusak pada Kamis (5/11) sore. Tim Disaster and Emergency Response (DER) – ACT Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta turun langsung untuk melakukan asesmen dan membantu warga yang rumahnya rusak.

Tim DER – ACT DI Yogyakarta ketika meninjau lokasi terdampak bencana angin kencang di Desa Nglipar. (ACTNews)

ACTNews, GUNUNGKIDUL – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Desa Nglipar, Gunungkidul mengakibatkan puluhan rumah warga rusak. Kejadian angin puting beliung ini terjadi pada Kamis, (5/11) sore sekitar pukul 15.30 WIB. Sebanyak 48 rumah rusak, 1 rumah ambruk rata dengan tanah, 2 pohon menimpa rumah dan beberapa pohon tumbang menutup akses jalan serta mengenai kabel listrik.

Kepala Dukuh Kedungranti, Tukiyarno menerangkan angin kencang ini berawal ketika mendung sangat gelap sekitar pukul 15.20 WIB. Tetapi ternyata yang turun bukan hujan, melainkan angin kencang. “Kejadiannya sekitar satu menit, namun membuat porak poranda rumah warga,” ungkapnya. 

Sore hingga malamnya, Tim Disaster and Emergency Response (DER) – ACT Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta turun langsung untuk melakukan asesmen dan membantu warga yang rumahnya rusak. Malamnya, para relawan melanjutkan dengan memberikan bantuan darurat untuk para warga yang terdampak.


“Puluhan bantuan berupa beras, paket sembako, serta alat kebersihan diri disalurkan untuk warga Dusun Kedungranti karena di sini lokasi paling parah terdampak angin kencang,” ungkap Leta, Komandan Tim DER – ACT DI Yogyakarta.

Rencananya penyaluran bantuan akan dilanjutkan, berupa 5 tangki air bersih pada Jumat (6/11) ini. “Akibat angin kencang kemarin, akses air bersih warga terhambat. Ada pohon tumbang mengenai panel listrik sehingga seluruh pompa air warga tidak berfungsi,” jelas Leta.

Leta turut mengajak para dermawan untuk membantu masyarakat yang terdampak angina kencang di Gunungkidul melalui bantuan terbaiknya. “Bantuan dapat disalurkan melalui laman Indonesia Dermawan, atau transfer langsung ke rekening BNI Syariah di nomor 341 854 750 atas nama Aksi Cepat Tanggap,” tutup Leta. []