ACT Solo dan Horison Aziza Ajak Masyarakat Tak Takut Donor Darah Saat Pandemi

Melalui aksi donor darah, ACT Solo dan Hotel Horison Aziza berharap dapat membantu PMI dan mengedukasi masyarakat supaya tidak takut untuk donor darah di masa pandemi karena tetap mematuhi protokol kesehatan.

Suasanya donor darah di ruang pertemuan Horison 8, Kamis (25/2/2021). (ACTNews)

ACTNews, SOLO – Kondisi pandemi yang belum usai membuat semua pihak harus berbuat lebih untuk menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan. Termasuk dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan Aksi Cepat Tanggap Solo bersama Hotel Horison Aziza dan PMI, pada Kamis (25/2/2021). 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebelum melakukan tindakan donor, tim medis menggunakan alat pelindung diri dan melakukan pengecekan standar untuk pendonor. Pendonor pun juga wajib memenuhi persyaratan donor meliputi usia, suhu tubuh, riwayat perjalanan, dan riwayat penyakit yang dideritanya.

Acara yang digelar di Ruang Meeting Horison 8 mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai ini dihadiri manajemen Hotel Horison Aziza dan beberapa jajaran Muspika Pasar Kliwon, Solo. Diharapkan dari kegiatan ini akan terkumpul minimal 30 kantong darah untuk menjaga ketersediaan stok darah di PMI Surakarta. Semua karyawan hotel dan pendonor juga mendapatkan cek kesehatan gratis meliputi cek gula darah, asam urat, tensi darah, dan konsultasi gizi oleh tim ACT Solo.

General Manager Horison Aziza Solo, Marcelina, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar masyarakat tidak takut donor darah saat pandemi.

“Di tengah pandemi ini tentu ada kekhawatiran dari masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Acara dengan mengangkat tema ‘Ayo Donor Darah, Aman Donor Darah di Saat Pendemi’ ini kami harapkan bisa membantu PMI dan memberikan pengaruh positif kepada masyarakat supaya tidak takut untuk donor darah karena tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Tim Program ACT Solo, Ardiyan Sapto, menyampaikan, ACT Solo terus aktif berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membantu masyarakat di tengah pandemi.

“Kolaborasi kemanusiaan terus kita lakukan, tidak hanya saat terjadi bencana tetapi juga termasuk kolaborasi kemanusiaan dalam bidang medis yang kita gelar hari ini bersama Horison Aziza dan PMI. Semoga semakin banyak masyarakat yang bersedia mendonorkan darah sehingga stok darah di PMI cukup untuk masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Ardiyan.[]