ACT Solo Deklarasikan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan

ACT Solo mendeklarasikan Gerakan Lumbung Sedekah Pangan di dua titik Kota Surakarta pada Jumat (7/8) lalu. Gerakan ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk saling bantu sesamanya dengan memberikan bahan pangan bagi mereka yang membutuhkan.

ACT Solo Deklarasikan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan' photo
Rak Lumbung Sedekah Pangan yang ada di Musala Al Fath, Kelurahan Sewu, Surakarta. (ACTNews)

ACTNews, SURAKARTA – Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan terus menggerus kondisi perekonomian masyarakat. Keadaan ekonomi yang melemah ini membuat banyak masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan dasar mereka, terutama di bidang pangan.

Berkaca dari kondisi saat ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendeklarasikan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan secara serentak di seluruh kantor cabang ACT di Indonesia pada Jumat (7/8) lalu. Di Solo, deklarasi gerakan ini dilakukan di Kantor ACT Solo dan Musala Al Fath di Kelurahan Sewu, Jebres, Kota Surakarta. Kedua titik tersebut menyediakan rak sedekah pangan, berisi sembako yang bisa diisi oleh siapa saja yang ingin memberi ataupun diambil oleh siapa pun yang membutuhkan.

Ardian Sapto dari Tim program ACT Solo menjelaskan, Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk saling bantu sesama, memberikan bahan makanan untuk mereka yang membutuhkan. Program ini sekaligus memfasilitasi masyarakat yang mempunyai kelebihan bahan makanan untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan melalui Lumbung Sedekah Pangan yang didirikan ACT Solo.

“Kami berharap, kolaborasi kebaikan berbagai elemen masyarakat ini bisa meringankan kebutuhan masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Selain itu, nantinya masyarakat di sekitar lokasi yang mempunyai kecukupan rezeki bisa ikut mengisi rak Lumbung Sedekah Pangan yang telah disediakan ini agar lebih banyak lagi masyarakat yang bisa terbantu dengan adanya gerakan ini secara nasional,” jelas Ardian


Serah terima beras dari Lumbung Sedekah Pangan kepada salah satu masyarakat Solo. (ACTNews)

Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan ACT Solo disambut antusias oleh jemaah Musala Al Fath di Kelurahan Sewu. Haryanto selaku pengurus takmir ikut mendoakan agar nantinya program yang diinisiasi oleh ACT bisa berkembang dan manfaatnya dirasakan banyak orang.

“Terima kasih, adanya program ini sangat bermanfaat untuk masyarakat kami yang sangat membutuhkan. Semoga nantinya semakin banyak lagi masyarakat yang bisa merasakan manfaatnya,” tutur Haryanto.


Dengan hadirnya gerakan ini, Ardian mengajak masyarakat untuk turut membersamai Lumbung Sedekah Pangan yang telah diinisiasi ACT. Harapannya semakin banyak masyarakat dermawan yang ikut berkontribusi, maka ketahanan pangan masyarakat prasejahtera di sekitar Lumbung Sedekah Pangan akan semakin kuat.

“Tentu kita berharap kontribusi dari para dermawan sekalian, karena Gerakan Lumbung Sedekah Pangan ini adalah gerakan solidaritas dari masyarakat untuk masyarakat lainnya. Semoga dengan adanya bantuan dari para dermawan, akan semakin banyak juga masyarakat yang bisa kita bantu,” harap Ardian. []


Bagikan