ACT Sumsel Ajak Masyarakat Bersama Layarkan Kapal Kemanusiaan Sulawesi Barat

ACT Sumsel tengah menghimpun bantuan 1.000 ton logistik dari masyarakat Sumatra Selatan untuk diberangkatkan oleh Kapal Kemanusiaan Sulawesi Barat.

Konferensi pers gerakan "Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa" dan ajakan keterlibatan dalam program Kapal Kemanusiaan Sulawesi Barat oleh ACT Sumatra Selatan. (ACTNews/Gery)

ACTNews, PALEMBANG - Bencana silih berganti menyapa berbagai wilayah Indonesia di awal tahun 2021, mulai dari banjir bandang, gempa, longsor hingga erupsi gunung. Menanggapi hal itu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatra Selatan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu-membahu memberikan kepeduliannya melalui gerakan “Sumsel Bersama Selamatkan Bangsa”. Gerakan ini juga mengajak warga Sumsel untuk bergabung dalam program Kapal Kemanusiaan untuk masyarakat Sulawesi Barat.

Diwadia selaku Kepala Cabang ACT Sumatra Selatan mengatakan, energi kedermawanan masyarakat Sumatra Selatan saat merespons bencana yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya begitu luar biasa. Dan kami percaya untuk menghadapi bencana yang silih berganti kali ini energi tersebut tentunya juga tak kalah hebat. Itulah alasan kami menginisiasi gerakan ini,” katanya, Rabu (20/1/2021).

Dengan semangat gerakan ini, ACT Sumsel tengah menghimpun bantuan 1.000 ton logistik dari masyarakat Sumatra Selatan untuk diberangkatkan oleh Kapal Kemanusiaan Sulawesi Barat. Diwa menerangkan, pengumpulan logistik akan berlangsung hingga awal Februari 2021 nanti.

“Melihat kondisi dampak pascagempa di Sulawesi Barat yang cukup parah, insyaallah dalam waktu dekat melalui program Kapal Kemanusiaan, kami siapkan 1.000 ton bantuan pangan dan logistik yang dihimpun dari kedermawanan masyarakat se-Sumsel, baik dalam bentuk tunai maupun natura (barang),” tambah Diwa.

Di waktu yang sama, Rabu (20/1/2021), apel siaga bencana juga dilaksanakan oleh Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumsel, dalam rangka menyiagakan tim tanggap darurat untuk mengantisipasi bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu di Sumsel maupun daerah lainnya.

“Menanggapi bencana yang terjadi, MRI Sumsel sendiri sudah siaga sejak jauh hari. Mereka sudah diberikan pelatihan water rescue, fire rescue, hingga mitigasi bencana. Jadi mereka siap untuk kapan pun diberangkatkan ke lokasi bencana,” ujar Diwa.

Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan dan berpartisipasi dalam program Kapal Kemanusiaan Sulawesi Barat dapat melalui kantor ACT Sumatra Selatan, di Jalan Jendral Sudirman km 3,5 atau melalui laman Indonesia Dermawan. []