Agustus ini, 140.000 Liter Air Didistribusikan Merata di Sumsel

Pendistribusian air bersih menjadi wujud komitmen ACT Sumatra Selatan meredam kekeringan di provinsi Sumatra Selatan.

Agustus ini, 140.000 Liter Air Didistribusikan Merata di Sumsel' photo

ACTNews, PALEMBANG – Menanggapi bencana kekeringan yang telah diprediksi oleh BMKG sejak Mei-Oktober 2019, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumsel sigap menyalurkan bantuan ratusan ribu liter air bersih kepada para penerima manfaat di wilayah Sumatera Selatan.

Berlokasi di halaman kantor ACT Sumsel, suasana seremonial pelepasan Humanity Water Tank pada Kamis (22/8) berlangsung semarak. Sebanyak 140.000 liter air bersih siap didistribusikan untuk warga Sumsel.

Truk-truk tangki pun telah terparkir di sepanjang jalan Jendral Sudirman, Palembang, siap menuju lokasi distribusi. Tim Patwal dari Polresta Kota Palembang dan perwakilan TNI di tingkat Koramil turut menjadi bagian dalam pengawalan aksi konvoi pelepasan truk air bersih hari itu.


Sepanjang Juni lalu, ACT Sumsel telah mendistribusikan sekitar 100.000 liter air bersih di beberapa wilayah, antara lain Kelurahan Keramasan, Air Itam, Jalur 17, Gasing, Pulokerto, dan di Jalan Tanjung Api-api. 

Kepala Cabang ACT Sumsel Ardiansyah mengatakan, pelepasan Humanity Water Tank pada Kamis itu menjadi bentuk komitmen ACT dalam mengatasi dampak kekeringan di wilayah Sumsel. Sebab, menurut Ardiansyah, kekeringan berdampak pada sejumlah aspek kehidupan warga.

"Memang kekeringan ini tidak langsung berdampak pada kematian, namun kekeringan mengakibatkan sendi-sendi kehidupan masyarakat melemah. Salah satunya bagi masyarakat petani, yang kerap mengalami gagal panen saat kemarau. Perekonomian mereka pun terganggu. belum lagi krisis air bersih yang kualitas airnya tidak layak untuk dikonsumsi warga, mengakibatkan kesehatan masyarakat menurun,” jelas Ardi.


Sejalan dengan itu, Reza dari Tim Program ACT Sumsel menjelaskan, pendistribusian air bersih ini merupakan program lanjutan dari ACT untuk lebih memasifkan bantuan kepada masyarakat terdampak kekeringan di sebagian wilayah Sumsel.

"Pelepasan Humanity Water Tank hari ini adalah program lanjutan kami yang merupakan komitmen ACT mengatasi kekeringan atau krisis air bersih saat ini. Alhamdulillah, sejak bulan Juni lalu kami telah bergerak mendistribusikan air bersih. Selain Humanity Water Tank, sejumlah Sumur Wakaf juga telah kami bangun di Sumsel, khususnya di daerah yang terdampak krisis air bersih. Kami berharap aksi ini mengajak lebih banyak masyarakat untuk saling membantu dan peduli,” jelas Reza.

Bersamaan dengan aksi ini, ACT Sumsel mengajak semua masyarakat untuk bahu-membahu mengirimkan bantuan melalui aksi nyata untuk melalui bit.ly/DermawanSumselAtasiKekeringan.[]

Bagikan