Air Bersih Terus Disuplai untuk Warga Terdampak Banjir Tangerang

Kebutuhan air bersih semakin mendesak pacabencana banjir melanda Jakarta di awal tahun 2020 ini. Untuk itu, menggunakan armada kemanusiaannya, ACT mengirimkan air bersih bagi warga terdampak banjir.

Air Bersih Terus Disuplai untuk Warga Terdampak Banjir Tangerang' photo
ACT mendistribusikan air bersih bagi warga terdampak banjir di Tangerang. Kebutuhan air semakin meningkat sejak banjir melanda. (ACTNews)

ACTNews, KOTA TANGERANG Pascabanjir yang merendam Perumahan Priuk Permai di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang masih bisa dilihat beberapa titik pengungsian pada Rabu (5/2) lalu. Salah satunya di Masjid Jami Al Jihad yang ada di kompleks perumahan tersebut. Warga bertahan di masjid karena rumah mereka terendam banjir.

Merespons kejadian itu, Global Zakat - ACT bersama Türkiye Diyanet Vakfı dan relawan Masyarakat Relawan Indonesia mengirimkan air bersih ke kompleks perumahan tersebut pada Rabu (5/2). Sebanyak 4.000 liter air didistribusikan ke warga terdampak banjir. Sejak banjir melanda, kebutuhan air bersih meningkat, namun ketersediaannya berkurang.

Rodi Maryanto dari Tim Program ACT Tangerang Raya mengatakan, air bersih selain untuk konsumsi juga dibutuhkan warga untuk membersihkan tempat tinggalnya pascabanjir. Saat air yang dibawa Humanity Water Truck ACT tiba, warga menyambutnya dengan senang.

“Sebanyak 300 warga memanfaatkan air bersih yang ACT dan Türkiye Diyanet Vakfı didistribusikan hari itu. Selain untuk konsumsi, warga juga memanfaatkan untuk membersihkan rumahnya dari lumpur sisa banjir,” jelasnya, Kamis (6/2).

Selain Tangerang, lokasi lain yang dikirim air bersih ialah wilayah Lebak. Lokasi yang terdampak banjir bandang ini sangat membutuhkan air. Total 64 ribu liter air telah didistribusikan oleh ACT dan Türkiye Diyanet Vakfı selama 5-13 Februari 2020 ini.

Awal Januari lalu, ACT juga menggunakan Humanity Water Truck juga mendistribusikan air bersih bagi warga terdampak banjir di wilayah Kemang, Jakarta Selatan. Tak hanya itu, paket pangan berupa makanan siap santap dari Humanity Food Truck juga diberikan bagi warga terdampak.

ACT bersama Masyarakat Relawan Indonesia telah membersamai korban banjir di Jabodetabek sejak awal Januari lalu. Tim relawan juga terus disiagakan hingga saat ini mengingat masih adanya potensi bencana banjir di musim hujan di tahun 2020.[]


Bagikan