Air Masih Menjadi Elemen Penting Kehidupan Penyintas Gempa Sulbar

Air adalah salah satu elemen kehidupan. Apabila air bersih tidak tersedia, utamanya di lokasi bencana, penyintas pun makin sulit dalam memenuhi kebutuhan harian.

HWT Mamuju
Relawan ACT memasukkan air bersih ke dalam tangki penampungan di posko induk pengungsian korban bencana gempa Mamuju, Sulawesi Barat (23/2/2021). Air adalah kebutuhan penting untuk mempermudah kehidupan korban bencana.

ACTNews, MAMUJU Usai gempa dahsyat yang mengguncang Mamuju, Sulawesi Barat beberapa waktu lalu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus melakukan pendistribusian bantuan air bersih. Apalagi masih banyak korban yang mengungsi dan kesulitan mendapatkan air bersih.

ACT secara aktif memberikan bantuan untuk para korban gempa di Mamuju. Sejak gempa terjadi hingga sekarang, ACT terus menyalurkan bantuan untuk para korban di posko-posko pengungsian yang terpusat di beberapa tempat.

Total 2.000 liter air bersih telah disalurkan pada Selasa (23/2/2021) kemarin. Penyaluran dilakukan di tiga titik yakni di sekitar lokasi posko induk, lokasi pengungsian di Jalan Simponi 1 Binanga, dan pengungsian di Desa Rengas Timur, Mamuju, Sulawesi Barat. 

Koordinator Posko Induk ACT di Mamuju Lukman Solehudin mengatakan, kebutuhan air sangat penting, apalagi di pos pengungsian. Jika air bersih untuk kegiatan sehari-hari korban tidak tersedia, maka aktivitas tidak akan berjalan lancar. "Kebutuhan air itu sangat mendesak, untuk masak, mandi, mencuci, dan kegiatan lain," katanya, Kamis (25/02/2021). 

Lukman Solehudin melanjutkan, air bersih yang ACT salurkan, bisa dinikmati dan dirasakan dampaknya secara langsung oleh 641 jiwa yang berasal dari 143 Kepala Keluarga (KK). "Jadi alhamdulillah, bantuan air bersih dirasakan langsung oleh para korban, sehingga kegiatan mereka di posko pengungsian lancar," jelasnya. 

Pentingnya air di lokasi bencana, kata Lukman, karena air adalah salah satu elemen kehidupan. Apabila air bersih tidak tersedia, apalagi di lokasi bencana yang sedang dalam kondisi sulit, bisa dipastikan kehidupan bisa terganggu, warga yang menjadi korban bencana bisa semakin sulit. []