Air Minum Wakaf, Mata Air di Tengah Krisis

Di tengah krisis air minum yang melanda masyarakat Indonesia dan dunia, Global Wakaf-ACT berupaya menjadi mata air lewat kehadiran Air Minum Wakaf dalam program Lumbung Air Wakaf.

Air Minum Wakaf produksi Lumbung Air Wakaf ACT. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, JAKARTA – Krisis air minum yang layak saat ini masih menghantui sebagian masyarakat Indonesia, padahal ketersediaan air minum yang layak merupakan kebutuhan dasar dan mendesak untuk kehidupan sehari-hari. Bahkan, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui resolusi Nomor 64/292 Tahun 2010 menyatakan secara eksplisit bahwa hak atas air adalah bagian dari hak asasi manusia

Data Kementerian Keuangan menjelaskan, masih terdapat 15 persen rakyat Indonesia yang belum mendapatkan sumber air minum yang layak dan berkelanjutan. Terlebih, kondisi pandemi Covid-19 menjadi semakin penting dalam membangun ketahanan dan imunitas masyarakat melalui akses air minum.

Kehadiran Lumbung Air Wakaf dari Global Wakaf-ACT menjadi mata air di tengah sulitnya masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan air minum yang layak. Di samping sebagai respons atas keresahan masyarakat dalam mengoptimalkan sumber daya yang ada.

“Lumbung air wakaf itu berupa pabrik yang memproduksi air minum dalam kemasan, pastinya sesuai standarisasi dengan food beverage service artinya pabrik yang kita gunakan untuk produksi ini telah sesuai standar dari pemerintah,” ungkap Head Program Wakaf Air Produktif Eka Setiawaty, dalam siaran “Yuk Alirkan Air, Manfaat Bergilir, Pahala Mengalir!” di ACT TV, pada Selasa (27/7/2021).

Eka mengungkapkan, saat ini masyarakat Indonesia dan dunia masih sulit memenuhi kebutuhan air minum yang layak, padahal konsumsi air menyumbang 70 persen kehidupan manusia. “Ketika air sulit didapat atau mereka harus membeli sejumlah liter air, terbayang bagaimana kebutuhan hidup mereka untuk air ini,” tutur Eka.

“Air Minum Wakaf adalah solusi bagi masyarakat agar bisa mengakses air bersih dengan tidak berbayar, dan masyarakat juga bisa bekerja di pabrik AMDK kita. Sebenarnya banyak banget manfaatnya, dari segi ekonomi, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat,” tambah Eka.

Tak hanya itu, sebagai upaya memaksimalkan distribusi Air Minum Wakaf kepada masyarakat luas, Global Wakaf-ACT akan membangun Lumbung Air Wakaf di wilayah Jawa Barat.

“Saat ini untuk pabrik Air Minum Wakaf, Insya Allah kita akan dirikan di daerah Jawa Barat ya. Kami juga bekerjasama dengan pabrik AMDK yang sudah ada di 8 regional, jadi ada di Sumatera bagian Utara dan Selatan, ada juga di Indonesia bagian Timur dan di Jawa juga ada.Total itu kami ada 10 pabrik yang memproduksi Air Minum Wakaf ini,” tambah Eka.[]