Ajak Masyarakat Berbagi, Lumbung Sedekah Pangan Hadir di Jakarta Timur

ACT Jakarta Timur menginisiasi Gerakan Nasional Sedekah Pangan di Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramatjati pada Selasa (11/8) lalu. Ke depannya, sejumlah Lumbung Sedekah Pangan akan diaktivasi di titik-titik yang tersebar di Jakarta Timur sebagai ikhtiar mengajak masyarakat untuk saling berbagi.

Penyerahan bantuan untuk program sedekah pangan dari Bank Syariah Bukopin (BSB) untuk ACT. (ACTNews/Rahimatul Fikri)

ACTNews, JAKARTA – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jakarta Timur  menginisiasi Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan. Gerakan ini merupakan ikhtiar mengajak masyarakat Jakarta Timur untuk memberikan sedekah terbaiknya agar bisa dimanfaatkan masyarakat yang membutuhkan dengan mengambil seperlunya.

“Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan ini diharapkan menjadi gerakan nasional, terutama di kondisi pandemi saat ini. Kami telah membuka Lumbung Sedekah Pangan untuk wilayah Jakarta Timur berlokasi di RT 007 / RW 004 Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramatjati. Insyaallah Lumbung Sedekah Pangan akan terus kami set up di berbagai kecamatan di wilayah Jakarta Timur,” jelas Kepala Cabang ACT Jakarta Timur Nurhijrah Muhammad, Selasa (11/8) lalu.


Masyarakat yang membutuhkan bisa mengambil di Lumbung Sedekah Pangan secukupnya. (ACTNews/Rahimatul Fikri)

Ia berharap juga kehadiran Lumbung Sedekah Pangan ini bisa meringankan kesulitan masyarakat yang berada di sekitarnya. “Semoga program ini bisa menggerakkan masyarakat untuk saling berbagi dan bersedekah, sehingga dapat meringankan beban masyarakat lain yang belum mengalami pemulihan ekonomi. Sedekah yang bisa diberikan dapat berupa bahan sembako atau uang tunai atau barang-barang kebutuhan rumah tangga,” ujar Nurhijrah.

Menurut Nurhijrah, penghimpunan sedekah pangan ini dapat dipelopori mulai dari individu, komunitas, bahkan jemaah masjid hingga korporasi. Masyarakat dapat menginisiasi Lumbung Sedekah Pangan di rumah, masjid, kantor, dan lainnya sebagai medium pengumpulan sedekah pangan. Selanjutnya, masyarakat pun dapat mengambil langsung bantuan pangan yang ada seperlunya.


“Perlu ada gerakan masif untuk memperbaiki keadaan. Kebaikan ini harus dilakukan bersama-sama. Melalui Gerakan Nasional Lumbung Pangan, kita berharap seluruh elemen masyarakat terlibat dalam memberikan sedekah pangan terbaiknya,” tambah Nurhijrah.

Gerakan Lumbung Sedekah Pangan di Jakarta Timur juga didukung oleh Bank Syariah Bukopin (BSB) yang hadir di acara peluncuran Lumbung Sedekah Pangan pertama di Jakarta Timur ini. BSB hqari itu juga ikut serta dalam mengisi Lumbung Sedekah Pangan. Abdul Majid perwakilan dari BSB  pun menjelaskan bahwa ia dan rekan-rekan BSB akan mengajak para nasabah untuk menjadi penggerak kedermawanan dengan memberikan sedekah terbaik. []