Akikah Dermawan Sapa Warga Zitoon, Gaza

Warga prasejahtera di Zitoon, Kota Gaza, turut bersyukur karena bisa ikut merasakan kebahagiaan keluarga Indonesia yang tengah melaksanakan akikah. Warga Gaza pun kebagian menikmati hidangan yang lezat dan bergizi.

indonesia aqiqah di palestina
Anak-anak di Gaza menerima hidangan akikah dari tim ACT. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Hidangan lezat akikah kembali hadir di Gaza melalui Global Qurban Akikah. Kali ini menyapa keluarga di Zitoon, Kota Gaza. Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Palestina mengantarkan langsung hidangan nasi briyani dan potongan daging besar ke rumah warga.

"Mereka sangat senang menerima hidangan ini. Sebab, tidak setiap hari mereka bisa menyantap makanan seenak ini," ujar Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response ACT, Jumat (3/9/2021).

Firdaus menjelaskan, sebelum diolah menjadi peneman nasi briyani, kambing akikah disembelih di salah satu rumah potong hewan di Gaza. Hal ini dilakukan sesuai dengan anjuran pihak berwenang setempat yang berguna meminimalisir terjadinya kerumunan.

Usai disembelih, daging yang telah dipotong menjadi bagian-bagian kecil dibawa ke dapur umum Indonesia di Gaza. Di sana, daging diolah menjadi masakan lezat menggunakan bumbu khas yang biasa dinikmati warga Palestina.

"Juru masak dari ACT sangat memperhatikan kebersihan di sana. Mereka selalu menggunakan masker dan jaring penutup rambut ketika memasak. Sehingga, Insyaallah makanan yang kita bagikan sangat terjaga higenitasnya," jelas Firdaus.

Untuk diketahui, pangan menjadi salah satu kebutuhan mendesak bagi warga Palestina di Gaza. Blokade selama belasan tahun telah membuat banyak warganya kehilangan pekerjaan dan tak mampu memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Serangan demi serangan yang dilakukan oleh zionis Israel juga telah merusak berbagai fasilitas yang mendukung sektor pangan di Palestina.

"Pada serangan Mei lalu misalnya banyak pertokoan dan pabrik-pabrik makanan yang hancur. Membuat warga Gaza dikepung ancaman kelaparan," pungkas Firdaus.[]