Akikah Mudah dan Luas Jangkauan Melalui Global Aqiqah

Daging-daging yang diamanahkan akan diberikan ke tempat-tempat yang membutuhkan seperti masyarakat kurang mampu, korban bencana, dan konflik kemanusiaan.

Akikah Mudah dan Luas Jangkauan Melalui Global Aqiqah' photo
Global Aqiqah hadir untuk mendistribusikan daging akikah ke seluruh pelosok negeri dan negara yang terpapar krisis kemanusiaan. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA - Sejak pertama berdiri pada 2011, Global Qurban telah menjangkau berbagai daerah di Indonesia untuk distribusinya. Pada 2018 lalu misalnya, sebanyak 34 provinsi dan 223 kabupaten/kota menjadi penerima manfaat dari daging-daging kurban terbaik ini.

Namun tidak hanya Indonesia, manfaat dari hewan kurban ini juga telah dirasakan oleh masyarakat yang ada di 43 negara di dunia. Negara-negara yang dituju lebih berfokus kepada negara yang dilanda kelaparan dan kemiskinan akibat bencana alam dan konflik kemanusiaan. Misalnya saja, Palestina, Suriah, Yordania, Mesir, Somalia, Afrika Tengah, Kamerun, Uganda, Sri Lanka, Bangladesh, Myanmar, Filipina, Laos, Vietnam, Thailand, Kamboja, Timor Leste, Bosnia.

Selain mengelola pendistribusian hewan kurban, Global Qurban juga melayani pendistribusian hewan dan daging akikah melalui program Global Aqiqah. Desi Susanti dari Tim Kemitraan Global Qurban menjelaskan, selain untuk memudahkan penyaluran akikah, Global Aqiqah juga hadir untuk menyalurkan daging-daging ini ke penerima manfaat yang sangat membutuhkan.

“Melalui program Global Aqiqah, kita ingin menyalurkan daging-daging ini kepada penerima manfaat yang membutuhkan. Kami menargetkan penerima manfaat yang tidak hanya berada di pelosok-pelosok Indonesia, tapi juga seluruh dunia,” ujar Desi pada Rabu (30/10).


Anak-anak Palestina menikmati hidangan dari program Aqiqah for Gaza pada tahun 2014 lalu. (ACTNews)

Global Qurban terintegrasi dengan lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang juga sudah berpengalaman dalam bidang kemanusiaan serta kebencanaan selama belasan tahun. Sehingga, penyaluran daging akikah akan lebih terfokus kepada masyarakat kurang mampu, korban bencana, dan konflik kemanusiaan.

Seperti pada tahun 2014 lalu misalnya, Global Qurban ACT menggelar Aqiqah for Gaza. Dalam acara tersebut, Global Qurban-ACT mendistribusikan sebanyak 100 ekor kambing. Penerima manfaatnya adalah anak-anak yatim piatu, di mana orang tua mereka menjadi korban serangan militer Israel, sepanjang bulan Ramadan.

“Para penikmatnya adalah anak-anak yatim, yang orang tuanya gugur oleh serangan militer Israel atas Kota Gaza, juga warga Gaza yang berkategori prasejahtera. Dari mulai pengadaan hewan, penyembelihan dan memasak dan seterusnya, ACT yang menyelenggarakan bersama relawan ACT setempat,” ujar Imam Akbari selaku Senior Vice President dari ACT pada tahun 2014 lalu.

Ternak-ternak yang diambil oleh Global Aqiqah memang adalah ternak yang dikelola oleh warga lokal, sehingga warga lokal terberdayakan. Di samping ternak warga lokal, selama ini Global Qurban juga bekerja sama dengan lembaga Global Wakaf yang memiliki program Lumbung Ternak Wakaf (LTW).

“Jadi dengan melakukan akikah melalui Global Aqiqah secara tidak langsung juga memberdayakan masyarakat sekitar. Keuntungan yang didapatkan jadi lebih luas dari sekadar membeli daging ternak, tapi juga bermanfaat untuk ekonomi masyarakat,” kata Desi.

Untuk melakukan akikah melalui Global Aqiqah, dapat melakukan akad dengan langsung menghubungi kontak yang tertera di website Global Qurban, yakni http://globalqurban.com. Nantinya akan dilakukan akad melalui konfirmasi dana.

“Setelah dana akikah ditransfer, donatur juga diharapkan memberikan nama anak yang akan diakikahkan sebagai bentuk akad. Setelahnya dalam proses persiapan dan implementasinya akan langsung dilakukan oleh tim Global Qurban,” ujar Desi.

Setelah selesai implementasi, nantinya laporan seputar implementasi akikah akan dikirimkan oleh tim Global Qurban selambat-lambatnya tiga pekan setelah daging didistribusikan. Laporan ini sebagai wujud usaha tim Global Qurban dalam menjaga kepercayaan orang yang telah mengamanahkan proses akikah tersebut.

“Laporan kami cukup lengkap, yakni berisi profil wilayah, testimoni penerima manfaat, foto hewan akikah, foto penerima manfaat, serta sertifikat akikah. Ini adalah bentuk ikhtiar kami untuk menjaga amanah masyarakat dan insyaallah, kami akan menjaga amanah tersebut sebaik mungkin,” harap Desi. []

Bagikan