Akses Jalan Perumahan Puri Gading Bekasi Lumpuh Diterjang Banjir

Banjir kembali terjadi di berbagai daerah di Jabodetak, Bekasi salah satunya. Perumahan yang letaknya tak jauh dari aliran sungai terkena dampak luapan air.

Akses Jalan Perumahan Puri Gading Bekasi Lumpuh Diterjang Banjir' photo
Tim DER-ACT yang melakukan penyisiran di permukiman warga yang tergenang banjir di Jakarta, Selasa (25/2). Banjir ini terjadi setelah Jabodetabek diguyur hujan semalaman. (ACTNews)

ACTNews, BEKASI Hujan deras yang melanda wilayah Jabodetabek sejak Senin (24/2) malam hingga Selasa (25/2) pagi berdampak pada banjir yang merendam beberapa titik. Salah satunya di kawasan Perumahan Puri Gading, Jati Melati, Pondok Melati di Kota Bekasi. Dari pengamatan tim ACT yang berada di lokasi, ketinggian air pada pukul 08.00 pagi ini mencapai lutut orang dewasa.

Akses jalan menuju perumahan Puri Gading sendiri sampai saat ini masih tertutup air yang cukup tinggi. Aliran air di jalanan pun cukup deras. Warga pun yang rumahnya mulai dimasuki air sudah bersiaga dengan mengungsi ke tempat yang lebih aman dan menyelamatkan barang-barang yang berada di rumah.

“Arus banjir cukup deras dari sungai yang meluap tak jauh dari kompleks perumahan. Akses jalan benar-benar lumpuh tak dapat dilalui oleh kendaraan. Kegiatan sekolah pun diliburkan untuk sementara,” jelas Andri Wijaya, tim ACT yang berada di Puri Gading, Selasa (25/2).

Banjir yang terjadi di Perumahan Puri Gading berasal dari lupan kali Cakung. Ari, salah satu warga mengatakan, kali yang melintasi perumahan merupakan anak sungai Cikeas. Adanya badan kali Cakung yang longsor mengakibatkan aliran sungai terhambat dan airnya meluap ke permukiman.

“Kondisi ini juga pernah terjadi pada awal Januari 2020 lalu. Banjirnya serupa, diawali dengan hujan deras semalaman. Saat ini beberapa klaster sudah terdampak banjir hingga masuk ke rumah warga,” ungkap Andria.

Tak hanya di Puri Gading, banjir juga melanda wilayah lain di Jabodetabek. Sebut saja Cipinang, Bidara Cina, Tanah Abang, Ciledug, hingga di wilayah Karawang, Jawa Barat. ACT telah menerjunkan sejumlah tim dengan peralatan lengkap berupa perahu karet, dayung serta pelampung untuk mengevakuasi warga. “Tim telah tersebar di beberapa titik yang telah terendam banjir, termasuk Bekasi,” jelas Koordinator Tim Disaster Emergency Response (DER) - ACT Kusmayadi, Selasa (25/2) pagi.[]


Bagikan