Akses yang Sulit Tidak Rintangi Jalan Usaha Nurlina

Karena akses jalan yang sulit, Nurlina (39) mesti menunggu dua kali sepekan untuk berbelanja bahan dagangan.

bantuan modal umkm
Warung yang didirikan Nurlina, berisi berbagai macam kebutuhan harian serta makanan kecil. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN MAMUJU – Nurlina (39) baru satu tahun ini membangun usaha. Ia mendirikan warung di dekat rumahnya di Desa Dungkait, Kecamatan Tapalang Barat, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Warung tersebut menjual berbagai makanan kecil serta kebutuhan harian bagi masyarakat di sekitar lingkungan Nurlina.

Hambatan Nurlina selama berjualan hanya akses jalan. Untuk mencapai tempat Nurlina, membutuhkan tenaga lebih karena kondisi jalan yang sulit ditempuh. Hanya beberapa jalan yang dapat dikatakan dalam kondisi yang baik.

“Karena itu kalau ingin berbelanja bahan dagangan, hanya sempat dua kali dalam satu minggu. Itu juga kalau cuaca sedang bagus. Kalau cuacanya buruk, ditunda dahulu untuk pergi ke pasar,” ujar Nurlina ketika ditemui pada Kamis (13/1/2022) kemarin.


Belakangan juga Nurlina tidak bisa begitu maksimal beraktivitas karena baru saja terkena musibah tersengat listrik. Kala itu ia sedang membersihkan pohon manga yang lumayan mengganggu rumah dan warung, lalu seketika tersengat arus listrik dari kabel di dekat pohon tersebut. Tetapi begitu, Nurlina masih semangat mengembangkan warung yang baru saja ia dirikan.

Global Wakaf-ACT pada hari itu memberikan bantuan modal usaha kepada Nurlina melalui program Wakaf UMKM. Lewat program ini, harapannya dapat mendorong warung Nurlina agar bisa lebih berkembang lagi. []