Aksi Borong Dagangan Terus Meluas ke Berbagai Daerah

Tak hanya di Ibu Kota Jakarta, aksi borong dagangan serta pemberian modal usaha juga ACT lakukan hingga ke berbagai daerah. Seperti di Kabupaten Tasikmalaya, dengan melibatkan relawan MRI, aksi ini menyapa pedagang yang begitu merasakan dampak pandemi.

Koko (kanan) saat menerima pesanan borongan dari tim ACT serta tambahan modal usaha. (ACTNews)

ACTNews, TASIKMALAYA – Sejak pandemi, Koko, seorang penjual bakso ikan di Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya, mengaku semakin surut saja pendapatannya. Padahal uang hasil ia berdagang menjadi harapan untuk kesembuhan sakit yang dideritanya, hernia, dan sang isti yang mengalami strok. Walau tengah kurang sehat, Koko tetap berjualan karena terhimpit kehidupan.

“Biasanya jualan di sekolah-sekolah sampai habis (dagangan), tapi sejak pandemi, sekolah tidak ada aktivitas, jadi harus keliling lebih jauh, itu pun sering enggak habis,” kata Koko beberapa hari lalu.

Melihat kondisi ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) kemudian memborong dagangan Koko untuk kemudian dibagikan kembali secara gratis ke warga sekitar. Aksi ini merupakan kelanjutan dari program penyelamatan UMKM dari ACT yang terus meluas ke berbagai daerah, termasuk Kabupaten Tasikmalaya.

“Selain Pak Koko, ada beberapa pedagang lain yang kami borong seluruh dagangannya dan diberi tambahan untuk modal. Barang dagangan yang diborong pun segera dibagikan ke warga sekitar, khususnya para pekerja harian seperti pengemudi ojek dan becak,” ungkap Relawan Masyarakat Relawan Indonesia Kabupaten Tasikmalaya Diki.[]