Aksi Safari Subuh Terus Meluas ke Berbagai Daerah

Tak hanya di Jabodetabek, Aksi Safari Subuh juga meluas ke berbagai derah. Seperti di Yogyakarta hingga Ambon yang menyasar warga-warga jemaah subuh serta pekerja yang telah memulai aktivitas sejak dini hari.

safari subuh act
Tim ACT Yogyakarta (kiri) mendistribusikan hidangan dari Aksi Safari Subuh untuk warga bantaran Kali COde. (ACTNews)

ACTNews, YOGYAKARTA, AMBON – Aksi Safari Subuh terus Aksi Cepat Tanggap (ACT) luaskan ke berbagai daerah. Di Yogyakarta misalnya. Kegiatan yang digelar untuk menyambut jemaah solat subuh dengan hidangan siap santap diselenggarakan di Masjid At Taubah Cokrodirjan, Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Jumat (26/11/2021). Masjid ini menjadi fasilitas ibadah bagi warga, khususnya mereka yang tinggal di bantaran Kali Code.

Danang Nurhidayatullah dari tim Program ACT Yogyakarta mengatakan, Aksi Safari Subuh merupakan kegiatan kebaikan yang didukung dermawan. Bentuk kedermawanan yang tersalurkan berupa hidangan siap santap untuk jemaah masjid serta warga sekitar yang sudah memulai aktivitas.

“Program ini merupakan ikhtiar membersamai masyarakat di tengah pandemi, bahkan dimulai sejak waktu subuh,” jelas Danang. Ia juga mengatakan, distribusi hidangan siap santap dilakukan langsung ke rumah jemaah yang di hari itu tak sempat ikut solat subuh di masjid.

Pemilihan lokasi Aksi Safari Subuh di Masjid At Taubah ini bukan tanpa alasan. Tak hanya ingin menghadirkan hidangan terbaik dari dermawan, juga mendampingi warga prasejahtera yang banyak tinggal di sekitar masjid dan bataran Kali Code. Sebelum Aksi Safari Subuh, aksi kebaikan juga telah hadir untuk warga melalui Operasi Pangan Murah beberapa waktu lalu.


Penerima hidangan dari Aksi Safari Subuh di Yogyakarta. (ACTNews)

Meluaskan aksi

Sehari sebelum diadakan di Yogyakarta, Aksi Safari Subuh juga digelar di Maluku, tepatnya di Masjid Al-Ikhlas Arumbai, Ambon, Kamis (25/11/2021). Dalam aksi ini turut didukung relawan Masyarakat Relawan Indonesia Maluku.

Kepala Cabang ACT Maluku Wahab Loilatu mengatakan, Aksi Safari Subuh akan terus meluas, tak hanya di perkotaan saja, tapi juga hingga ke tepian negeri nantinya. “Kali ini, safari subuh kami mulai dengan sasaran jemaah masjid serta pedagang Pasar Mardika yang sudah memulai aktivitasnya bahkan sejak sebelum subuh,” jelas Wahab.

Sambutan hangat pun datang dari penerima manfaat. Kia, pedagang ikan di Pasar Mardika, salah satunya. Ia berharap agar Aksi Safari Subuh dapat terus berlanjut untuk mendapingi warga, apalagi mereka yang sudah bergelur untuk memenuhi ekonomi keluarga sejak dini hari.

“Terima kasih banyak, semoga Allah balas semua kebaikan adik-adik semua,” doa Kia kepada relawan MRI dan seluruh dermawan yang terlibat dalam aksi kebaikan ini.[]