Al-Qur’an Wakaf Bangun Semangat Santri Penghafal Qur’an di Tasikmalaya

Al-Qur’an Wakaf dukung perjuangan santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Qur’an Baitul Jadid. Kehadiran Al-Quran Wakaf juga membuat santri semakin semangat menghafal Al-Qur’an.

wakaf alquran pesantren
Santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Qur’an Baitul Jadid menunjukkan mushaf Al-Quran yang baru diterima dari Global Wakaf-ACT. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN TASIKMALAYA  Tasikmalaya dikenal sebagai Kota Santri, khususnya di era sebelum 1980-an. Hampir di seluruh wilayah ini tersebar pondok pesantren yang mengajarkan agama Islam, baik pondok besar maupun kecil. Hingga saat ini, masih banyak pondok pesantren yang masih bertahan. 

Asep Rosyidin dari tim ACT Kabupaten Sukabumi menjelaskan, banyak pondok pesantren di Tasikmalaya tidak memiliki fasilitas yang layak. Seperti jumlah Al-Qur’an lebih sedikit daripada jumlah santri atau kondisi Al-Qur’an yang sudah rusak. Sehingga menghambat aktivitas para santri yang ingin menghafal atau mempelajari kitab pedoman umat Islam tersebut. 

“Ketersediaan Al-Qur’an layak membuat proses santri untuk menghafal Al-Qur’an atau mempelajarinya menjadi lebih mudah. Julukan Tasikmalaya sebagai Kota Santri harus tetap lestari. Caranya memberikan dukungan dengan memperbaiki fasilitas ketersediaan Al-Qur’annya,” kata Asep, Senin (15/11/2021). 


Salah satu pesantren yang mendapat dukungan fasilitas Wakaf Al-Qur’an adalah Pondok Pesantren Al-Qur’an Baitul Jadid, Kampung Kupa, Desa Guranteng, Kabupaten Tasikmalaya. Di pondok ini, para santri akan dididik menjadi penghafal Al-Qur’an atau hafiz. 

“Alhamdulillah sebanyak 50 mushaf Al-Qur’an baru titipan dari para wakif untuk para santri penghafal Al-Qur’an telah didistribusikan. Semoga dapat menjadi motivasi para santri untuk lebih giat menghafal Al-Qur’an,” jelasnya. 

Pengurus Pesantren Al-Qur’an Baitul Jadid Ustaz Dadan mengucapkan terima kasih atas wakaf Al-Qur’an yang dititipkan di pondok pesantren miliknya. Ustaz Dadan berharap, wakaf Al-Qur’an tersebut menjadi wasilah untuk mendapat surga-Nya. 

“Alhamdulillah terimakasih atas perhatiannya kepada pesantren kami. Insyaallah Al-Qur’an ini akan menjadi wasilah kita menuju Surga Allah SWT, terutama kepada para wakif yang telah menitipkan Al-Qur’an Wakafnya,” ungkapnya.[]