Al-Qur'an Wakaf Dorong Perjuangan TPQ Nahawad Menebar Ilmu

Meskipun terbatas dari segi fasilitas, TPQ Nahawad terus menjadi sumber ilmu bagi puluhan santri di Kampung Cinangneng, Kabupaten Bogor.

bantuan al-qur'an
Operasional TPQ salah satunya berasal dari Ustaz Misbah sebagai Pengurus TPQ Nahawad. (ACTNews)

ACTNews, BOGOR BARAT – Atas swadaya masyarakat, TPQ Nahawad dapat berdiri di pegunungan Kampung Cinangneng, Desa Cinangneng, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Dari tadinya menampung 10 orang santri, kini pesantren tersebut menarik minat 34 orang santri untuk terus menggali ilmu.

Kegiatan belajar dibagi menjadi dua waktu, yakni bada zuhur untuk anak-anak SD, dan bada maghrib untuk mereka yang duduk di bangku sekolah setingkat SMP. Hal ini dilakukan karena tempat yang tak memadai.

Biaya operasional pun seadanya, dan tak mengandalkan penuh dari para santri. Sebab para santri sendiri kebanyakan adalah anak yatim dan atau berasal dari keluarga prasejahtera. Demikian cerita Ustaz Misbah, salah seorang pengurus TPQ Nahawad.


“Anak-anak tidak dipungut biaya sepeser pun. Kami hanya menerapkan sedekah, nanti hasil sedekah itu diberikan lagi untuk membeli beras dan diberikan kepada anak yatim di sini. Jadi dari mereka untuk mereka,” ungkapnya ditemui pada Selasa (21/9/2021) lalu.

Sementara untuk operasional TPQ, utamanya berasal dari Ustaz Misbah. “Kalau operasional sendiri, insyaallah ada saja. Selama saya masih bisa kerja jadi tukang, dan saya niatkan untuk ibadah, insyaallah lancar," kata Ustaz Misbah mantap.

Global Wakaf-ACT membantu mendukung semangat para santri TPQ Nahawad dengan menghadirkan puluhan buku iqra dan Al-Qur’an wakaf. Sebab selain bangunan yang belum memadai, beberapa mushaf juga telah mulai lusuh. Harapannya dengan hadirnya bantuan ini, dapat mempermudah para santri dalam perjuangan mereka menuntut ilmu.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Global Wakaf-ACT yang telah memberikan bantuan berupa mushaf Al-Qur’an kepada para santri yatim dan prasejahtera di TPQ ini. Semoga apa yang diberikan mendapatkan balasan dari Allah SWT,” ungkap Ustaz Misbah. []